Wednesday, January 16

Penyebab Masalah Laptop Sering Sleep Sendiri pada Windows


Berbicara tentang masalah pada perangkat teknologi seperti laptop tidak akan ada habisnya. Setiap brand laptop memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai pengguna sering sekali menjumpai masalah baik itu dalm software maupun hardware, dan kali ini artikel ini akan berbicara dengan ringkas tentang masalah spesifik laptop yang sering sleep sendiri.
Penjelasan penyebabnya akan dimulai dari kemungkinan masalah yang sepele hingga yang fatal.

Masalah laptop sering ke-sleep sendiri merupakan hasil pengalaman author, dan penjelasan dari ahli service laptop yang pernah author temui.

1. Driver Laptop Tidak Kompatibel

Salah satu penyebab laptop sering ke-sleep sendiri bisa disebabkan dari software driver yang digunakan laptop kurang/tidak kompatibel pada Sistem Operasi (OS) Windows laptop anda. Solusi yang dilakukan melakukan update driver atau install ulang OS Windows laptop anda dan gunakan sistem operasi yang sesuai dengan driver laptop anda.

2. RAM Eksternal telah Usang atau Rusak


Ini juga sangat berpengaruh pada laptop yang sering ke-sleep sendiri tanpa melakukan perintah sleep oleh si pengguna. Jika laptop anda menggunakan RAM tambahan, pastikan RAM tersebut masih dalam kondisi baik. Untuk mengatasinya coba lepaskan RAM dan bersihkan bagian kuningan dengan lap kering lalu pasang kembali. Pengaruh RAM eksternal terhadap performance laptop memang tidak bisa dipandang remeh, karena RAM yang tidak kompatibel dengan laptop bisa saja mengakibatkan laptop anda tidak dapat dinyalakan dan sering sleep sendiri. Sebagai saran, jika anda ingin melakukan penambahan RAM pastikan RAM yang akan dipasang telah kompatibel dan bukan RAM bekas (cabutan).

3. Circuit Motherboard Mengalami Kerusakan


Hal ini merupakan masalah yang cukup fatal yang bisa menyebabkan laptop anda sering ke sleep sendiri. Untuk memastikan penyebab dari masalah ini, anda perlu datang ke ahli service laptop untuk memeriksa letak kerusakannya. Dan untuk mengatasi masalah ini, sangat kecil peluang untuk memperbaiki dan terlalu banyak resiko pada kerusakan disistem lainnya.

4. Kerusakan pada Chipset Laptop


Masalah ini juga termasuk masalah yang sangat fatal, karena penyebabnya sudah berada dibagian jeroan laptop anda, untuk memperbaiki perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Dan terlalu banyak resiko untuk memperbaiki apabila memang chipset adalah penyebab masalah laptop yang sering ke sleep sendiri. Sebelum anda mendapatkan masalah ini sebagai saran saja untuk menghindari kerusakan chipset, hindari meletakkan laptop di atas kasur atau tempat yang permukaan yang tidak rata yang memungkinkan lubang pembuangan udara laptop tersumbat. Apabila lubang kipas laptop tertutup, proses sirkulasi panas akan mengendap di dalam laptop anda, sehingga bisa membuat chipset overheat.

Mungkin itu saja empat kemungkinan penyebab dari masalah laptop sering sleep sendiri tanpa melakukan perintah sleep melalui keyboard atau command OS. Untuk menentukan penyebab utama laptop anda sering sleep sendiri, lakukan konsultasi dengan ahli service laptop dan jangan coba-coba untuk membongkar laptop tanpa dasar pengetahuan dan keterampilan.


Artikel Terkait

Penyebab Masalah Laptop Sering Sleep Sendiri pada Windows
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email