Thursday, October 20

Pengalaman Seru dalam Event BCA Tech Day Bandung 2016



Baru-baru ini bank BCA telah mengadakan sebuah acara/event untuk mahasiswa mahasiswi di kota Bandung, yaitu BCA Tech Day. BCA Tech Day itu apasih? BCA Tech day merupakan penyelenggaran pameran dan event khusus untuk mahasiswa yang mengambil jurusan IT.
Acara yang diselenggarakan pada 15 Oktober 2016 lalu itu, diikuti dari berbagai universitas di kota bandung, seperti UNIKOM, Univ Kristen Maranatha, Telkom University, Univ Pasundan, dan masih banyak lagi. Rangkaian acara yang dimulai dari pukul 08.00 - 16.00 itu terbilang seru dan menyenangkan.  Selain mendapat informasi tentang divisi IT BCA, kita juga dapat mengetahui produk-produk yang mereka buat untuk penunjang berbagai macam aktivitas perbankan di BCA. Adapun sedikit informasi yang Mrtekno rangkum selama acara BCA Tech Day sebagai berkut:


Foto bersama panitia dan peserta saat Closing acara


Sebelumnya, acara BCA Tech Day ini sudah diselenggarakan di Kota Jakarta. Tujuan dari acara ini adalah memperkenalkan aktivitas divisi IT kepada mahasiswa dan mahasiswi di Universitas yang telah diundang resmi oleh pihak BCA. Pada rundown acara BCA Tech day, pukul 08.00-09.00 semua mahasiswa dari universitas yang diundang berkumpul di Kantor BCA Jl Asia Afrika terlebih dahulu, untuk melakukan registrasi dan pembagian kelompok untuk acara kompetisi nantinya. Metode pembagian kelompok yaitu mixed antar semua universitas, dimana setiap kelompok tidak memiliki anggota dengan kampus yang sama. Setelah proses registrasi selesai, semua kelompok yang telah dibagi akan diantar ke BCA Regional Learning Center Bandung (Jl Terusan Jakarta No 57 Bandung) menggunakan bis yang telah disediakan panitia penyelenggara. 

Ketika sampai ditempat tujuan, para peserta disambut oleh panitia dengan hiburan musik sederhana agar peserta lebih enjoy sebelum menikmati acara selanjutnya. Selepas hiburan musik, kemudian panitia selaku mc memberikan sambutan hangat untuk peserta dan menjelaskan sedikit mekanisme acara yang dilakukan peserta BCA tech day nantinya. Dalam penjelasan singkat itu mc memberitahukan bahwa inti kegiatan acara ini nantinya ada tiga yaitu Explore Tech Land, TechVation, dan Tech Talk.

Explore Tech Land

Explore tech land merupakan kegiatan pertama dalam acara ini, dimana saat pertama kali masuk, peserta telah tertuju pada empat bootcamp yang telah di rancang sedemikian rupa disetiap sudut ruangan. Keempat bootcamp tersebut merupakan subdivisi dari divisi IT di BCA, yaitu Application, Fun Facts. IT Infrastrutur and Network, dan Scrum. Kegiatan ini, setiap kelompok yang telah dibagi sebelumnya akan mendatangi semua bootcamp secara bergantian. 
Sesi Explore Tech Land (credit photo by instagram/deanhamdani)

Mekanismenya, setiap kelompok akan diberi waktu kunjungan 15 menit per bootcamp. Dimana pada saat berada di bootcamp tertentu panitia yang telah standby di sana akan menjelaskan kegiatan dalam divisinya tersebut, selain itu peserta juga diharapkan aktif dalam berinteraksi dengan panitia seperti bertanya kepada panitia. Setiap bootcamp telah menyediakan beraneka macam souvenir unik untuk peserta aktif dalam bertanya.

Tech Vation

Kegiatan kedua yang akan dilalui oleh peserta BCA Tech Day adalah Tech Vation. Tech Vation merupakan ajang kompetisi disetiap kelompok yang telah dibagi pada saat registrasi sebelumnya. Pertama-tama, panitia akan menjelaskan sedikit produk mobile apps BCA yaitu Sakuku. Aplikasi tersebut bisa digunakan di dua jenis OS di smartphone yaitu Android dan iOS. Selain itu panitia juga menjelaskan fitur-fitur dalam aplikasi tersebut. Nah, selanjutnya dalam kompetisi ini, setiap 
Sesi presentasi ide di depan tiga juri

kelompok akan diberikan challenge untuk memaparkan ide atau gagasan mereka, demi meningkatkan kualitas aplikasi mobile Sakuku tersebut. Setiap kelompok dibagikan kertas  berukuran besar dan 3 buah spidol berwarna untuk mendesain ide yang mereka cantumkan diatas kertas tersebut. Durasi waktu yang diberikan yaitu 40 menit untuk membuat ide yang ingin dipresentasikan nantinya. 

Tech Talk

Acara ketiga yaitu Tech Talk,merupakan kegiatan terakhir BCA Tech Day sebelum penutupan. Dimana kegiatan ini, terdapat 4 pembicara menarik yang merupakan leader dalam divisi IT. Dalam Tech Talk ini pembicara yang diundang akan sharing dengan peserta, tentang pengalaman mereka dalam karir yang telah mereka lalui. Selain itu terdapat sesi tanya jawab untuk peserta yang ingin bertanya. 

Sesi Tech Talk (credit photo by instagram/ipint1)


Acara BCA Tech Talk ini, sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang khususnya tingkat akhir, yang sedang bingung mencari tempat kerja yang cocok dan bisa dimasukkan dalam list target kerja nantinya. Dari keselurahan kegiatan acara BCA Tech Day 2016 ini, berdampak positif seperti mendapat experience, inovasi, link, ide, dan masih banyak lagi.


Artikel Terkait

Pengalaman Seru dalam Event BCA Tech Day Bandung 2016
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

6 January 2023 at 09:14 delete

In the earlier days of aviation, wooden was used as the grill accessories primary materials for plane structure. Although wooden is light-weight and available, it is prone to corrosion and rot. As aviation evolved, aluminum quickly turned the standardized metal for plane manufacturing. Outstanding surface quality, better corrosion resistance than steel, and a excessive power to weight ratio. Alloyed with magnesium and silicon, 6061 aluminum is heat treatable, could be anodized, and hardened after forming.

Reply
avatar