Sunday, September 4

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengelola Project



Menjadi seorang developer di bidang IT, pasti akan mendapatkan tugas project dari client. Client merupakan orang yang menyewa seorang developer atau tim developer untuk membuat suatu aplikasi untuk kepentingan client, seperti mobile apps, website, dan produk lainnya.
Banyak developer yang selalu tertekan sehingga konsentrasi untuk mengerjakan project tersebut tidak optimal. Kebanyak hal yang membuat developer tertekan ini, karena sikap sang client yang bisa dikatakan rese dan sebagainya. Meskipun demikian, kita sebagai developer yang dibayar oleh client, dimana client berhak menuntut segala sesuatu yang tidak sesuai dengan pemikirannya dan hal tersebut telah menjadi kesepakatan sebelumnya. Setelah kesepakatan tersebut terjalin, bisa dikatakan client telah menjadi raja, dan kita adalah seorang pesuruh yang digaji dan perlu menuruti permintaan sang client itulah hukum yang wajib dipatuhi.


Ada beberapa cara yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi client dan memuaskan client dari hasil kinerja anda, sebagai berikut:


1. Skill yang dibutuhkan


Terkadang seorang developer mengerjakan suatu project dengan asal-asalan dan tidak memikirkan kemampuan mereka terhadap project tersebut. Dan hal tersebut baru disadari setelah project tersebut ternyata tak sebanding dengan ilmu dan skill yang dia miliki. Jadi itu akan membuat kita tertekan sehingga komunikasi dengan client bisa bernilai negatif. Jadi sebagai developer perlu belajar lebih giat dan mengembangkan skill anda sesua passion yang dimiliki, selain itu pilihlah project yang dianggap sesuai dengan kemampuan anda.


2. Mental yang Kuat


Jadwal deadline project yang terlalu cepat sehingga, developer harus ontime dan perlu menjaga pikiran agar tidak tertekan sehingga menjadikan diri kita stress. Jadi, bagi developer yang mendapat project dengan deadline yang terlalu singkat, perlu pandai-pandai memanage waktunya, agar kesehatan otak untuk membuat suatu yang diinginkan client terlaksana dengan sesuai harapan.


3. Biasakan Komunikatif


Menjadi seorang developer, juga perlu mempersiapkan sikap komunikatif, karena hal tersebut digunakan saat melakukan proses diskusi dengan client atau saat pitching terhadap produk dari project anda. Jika anda menjadi orang yang jarang berinteraksi dengan orang-orang, akan menjadi kesulitan tersendiri saat berkomunikasi dengan client. Sehingga client bisa menilai kekurangan dalam kepribadian anda.

4. Kreatif dan Inovatif


Terkadang terdapat developer yang memiliki skill yang sangat bagus, tetapi yang menjadi kekurangan adalah kurang inovatifnya produk yang dibuat, sehingga client yang menilai dari produk tersebut biasa-biasa saja. Keterbatasan ide karena kurangnya explorasi dan experimen, sehingga developer terus terpaku dengan skill mereka sekarang. Dan produk yang dibuat tidak memiliki keunikan. Seperti tampilan antarmuka dalam aplikasi atau web yang masih standar.

5. Berkomitmen Penuh

Kitas sebagai developer yang sudah memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dalam project. Dari situ, sikap komitmen sangat dibutuhkan untuk menjadi kesuksesan seseorang dalam melaksanakan tugasnya. Komitmen berarti, sebagai developer bersungguh mengerjakan suatu tugas secara profesional dan tepat waktu. Oleh karenanya, kepuasan customer terhadap dari kinerja kita salah satunya dari sikap ini.

Jadi dari kelima hal tersebut yang perlu anda persiapkan sebelum menjalankan project client. Jika anda telah memenuhi dari lima point sebelumnya, pasti project yang anda kerjakan bisa segera dituntaskan dan clientpun puas dengan kinerja anda. Dan hal tersebut akan membuat anda kedatangan project baru lagi. Sekian dan terima kasih, jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini


Artikel Terkait

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengelola Project
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email