Monday, January 25

Pengenalan Dasar tentang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Mendengar kata Rekayasa Perangkat Lunak atau sering disingkat RPL mungkin sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa jurusan Informatika. Sedangkan di kalangan non-informatika, saya rasa mereka belum familiar mendengarnya.
Berhubung dengan hal itu, artikel ini akan mengupas sebagian hal-hal yang perlu diketahui tentang RPL. Artikel ini bukan cuman ditujukan ke orang-orang ahli sains computer, melainkan orang yang baru mendengarnya pun bisa belajar di sini.

Sebelum kita mengetahui apa itu RPL, kita perlu tahu arti Rekayasa itu apa? Rekayasa merupakan suatu manipulasi, berdasarkan pemikiran kita pada umumnya. Arti sebenarnya dalam kamus besar Bahasa Indonesia, rekayasa adalah penerapan kaidah-kaidah ilmu dalam palaksanaan, perancangan, pembuatan konstruksi, serta pengoperasian kerangka, peralatan, dan system yang ekonomis dan efesien dalam project.

Karena rekayasa   intinya adalah suatu manipulasi, jika dihubungkan dengan perangkat lunak/ software maka akan memiliki pengertian yaitu pengubahan software guna mengembangkan dan memelihara dengan menggunakan prinsip rekayasa demi mendapatkan kualitas produk dan efesien.
Apa tujuan kita belajar RPL? Pertanyaan ini sering muncul dibenak kita, sehingga kebanyakan orang-orang belajar dan tidak mengetahui tujuan dari apa yang dipelajarinya.

  1. Dapat memahami konsep/prinsip rekayasa perangkat lunak
  2. Kita mampu melaksanakan suatu analisi, perancangan, implementasi, dan testing, dengan pendekatan secara sistematis.
  3. Mampu menyusun dokumentasi software development
Ketiga hal di atas merupakan tujuan kita belajar RPL, sehingga kita tidak akan salah arah dalam belajar. Sebelum admin masuk ke materi RPL, ada yang perlu diketahui lebih dalam. Kalian pasti pernah mendengar kata software, program, dan aplikasi? Dan kebanyakan orang pada umumnya menganggap ketiga kata tersebut sama saja. Dan faktanya beda jauh dari pemikiran orang-orang pada umumnya. Nah, dalam pembelajaran RPL kita perlu tahu dulu apasih perbedaan dari software, program, dan aplikasi itu?

Program merupakan suatu alat yang di gunakan untuk membuat suatu software, maksudnya program adalah sebuah tools, contoh aplikasinya adalah java netbeans, codeblocks C/C++, Pascal IDE dll. Jadi program ini yang digunakan menciptakan sebuah software. Nah, apakah software itu? Software yang sering kita kenal adalah perangkat lunak, tapi arti khususnya adalah sebuah kumpulan instruksi untuk komputer. Jadi pada dasarnya OS/Sistem Operasi seperti windows, mac, linux, dll. Merupakan sebuah software yang mengatur dan mengontrol konfigurasi dalam computer/PC. Dan Aplikasi adalah software yang memiliki tujuan khusus. Maksudnya aplikasi ini sebuah perangkat lunak yang memiliki tujuan tertentu yang akan mempermudah pekerjaan user. Misalnya di dalam computer kita terdapat Ms Office Word, tujuannya  adalah mengolah kata, jadi Ms Word bisa dikatakan sebuah aplikasi.

Kita telah mengetahui tentang perbedaan dari program, software, aplikasi. Dalam RPL kita hanya akan fokus ke software-nya. Berdasarkan tujuan pembalajaran sebelumnya. Kita akan dapat memahami konsep/prinsip RPL atau biasa disebut Software Engineering.

Dalam merancang sebuah perangkat lunak, kita perlu mengetahui prinsip serta konsepnya sehingga tujuan kita untuk mendapatkan Great Software bisa tercapai. Apa langkah pertama yang perlu di lakukan? Pertama kita harus tahu software yang kita rancang adalah apa yang customer butuhkan bukan apa yang dia inginkan. Karena keinginan dan kebutuhan itu memiliki arti berbeda, jadi kita harus ingat itu.  Kedua untuk mendapatkan software yang baik adalah desain yang bagus dan menarik, code program yang baik, dan mudah digunakan/ user friendly.

Karena berhubung artikel ini hanya membahas tentang pengenalan tentang rekayasa perangkat lunak jadi admin tidak panjang lebar sampai ke materi selanjutnya. Jadi sekian dulu, untuk pembahasan selanjutnya bisa di cari di artikel terkait blog ini.


Artikel Terkait

Pengenalan Dasar tentang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email