Tuesday, February 23

Bagaimana Cara Membuat Slide Presentasi Menarik?




Presentasi adalah kegiatan berbicara dan berinteraktif di hadapan publik yang bertujuan untuk memaparkan suatu topik atau masalah. Dalam beberapa kasus, kebanyakan orang-orang ketika melakukan presentasi hanya membaca isi slide yang diberikan sehingga audience yang mendengarkan merasa bosan hingga gak fokus mendengarkan presentasi.
Jika diketahui lebih lanjut faktor yang membuat kejenuhan dan tidak fokusnya audience adalah persembahan materi yang kurang menarik. Selain itu kurang berinteraksinya antara audience dengan orang berpresentasi yang menjadi salah satu faktor utama. Banyak orang yang membuat bahan presentasi melalui beberapa aplikasi yang mendukung dalam kegiatan tersebut seperti Microsoft Powerpoint. Orang yang membuat presentasi biasanya memiliki keterbatasan pengetahuan dalam penggunaan aplikasi tersebut sehingga hasilnya kurang kreatif. Meskipun demikian itu bukan masalah bagi orang yang baru belajar, dalam artikel ini akan membahas sedikit tips bagaimana membuat slide presentasi yang semenarik mungkin?

1. Jangan Terlalu Banyak Teks

Sebagian presenter membuat bahan presentasi dengan memasukkan teks yang banyak membuat jumlah slide  terlalu banyak, sehingga audience menjadi kebingungan dan merasa bosan. Sebagai seorang presenter profesional, biasanya isi silde yang di tampilkan hanya sebuah gambar ilustrasi yang mewakili dari setiap materi, sehingga jumlah slide akan lebih sedikit dan terstruktur dan presenter mampu menjelaskan dengan jelas. Penambahan teks sebenarnya tidak dilarang, akan tetapi lebih dianjurkan memberikan teks sewajarnya atau sekedar point intisari materi yang akan diberikan.

2. Desain Background Simple dan Elegan

Hal ini juga merupakan faktor yang sangat penting diketahui, bagi orang yang akan memberikan presentasi. Dalam mengatur tampilan slide terkadang sebagian orang menyukai hal-hal yang menarik dan terkesan ramai. Seperti warna background berwarna-warni, sampai  background yang bergambar membuat teks dalam slide tersebut tidak kontras. Dalam kasus tersebut audience akan lebih memperhatikan hal-hal yang aneh dalam slide presentasi dibanding isi dari slide yang disampaikan. 

3. Kurangi Penggunaan Animasi

Terkadang orang-orang menyukai animasi bergerak jika terdapat pada setiap slide presentasi. Meskipun penambahan animasi bisa memberikan efek slide yang menarik. Perlu anda ketahui bahwa jika penambahan animasi terlalu berlebihan bisa menjadikan proses loading ke slide berikutnya bisa agak lamban dan bisa membuat aplikasi Powerpoint not responding. Hal tersebut dapat menganggu aktifitas presentasi.Kepentingan penambahan animasi juga biasanya berhubungan dengan materi presentasi, jika animasi yang ditambahkan tidak berhubungan materi sebaiknya tidak perlu ada.

4. Gunakan Font Standar

Font biasanya menjadi perkara kecil tapi bisa mengakibatkan masalah pada kegiatan presentasi. Terkadang sebagian orang menggunakan font dengan style semenarik mungkin tapi audience tidak bisa membacanya. Jadi sebagai saran, gunakanlah font yang standard seperti Arial, Times New Roman, Agency, dll. 

5. Susunan Materi yang Tersistematis

Faktor ini biasa sering terjadi dalam proses kegiatan presentasi. Kadangkala seorang presenter menampilkan slide presentasi, dimana setiap point materinya disusun secara tidak sistematis. Seperti halnya dalam pengaturan judul dalam subjudul yang kurang baik. Dosa kecil ini biasanya diabaikan oleh seorang presenter sehingga berdampak besar bagi audience. Pembedaan judul dan subjudul sangat penting agar audience dan presenter pun bisa mencerna isi slide presentasi tersebut. Jika memang slide presentasi yang akan ditampilkan puluhan, sebagai presenter professional biasanya menggunakan sebuah tombol menu yang dipasang di setiap slide dan konsisten. Menu tersebut sangat berguna dalam menavigasi setiap slide yang ada.

Mungkin lima hal tersebut bisa menjadi catatan penting bagi seorang pembawa presentasi. Karena presentasi yang menarik bukan hanya bagaimana cara berbicara di depan audince tetapi materi yang disampaikan pun juga harus menarik. Mohon maaf bila ada salah kata dalam artikel ini sekian dan terima kasih.


Artikel Terkait

Bagaimana Cara Membuat Slide Presentasi Menarik?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email