Tuesday, January 27

Sejarah Perkembangan Internet

Internet merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dan digunakan untuk bertukar informasi. Dalam artikel blog ini, akan membahas tentang sejarah singkat perkembangan Internet  di dunia dan di Indonesia.

A. SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET DI DUNIA
Sejarah Internet berawal dari tahun 1957, yaitu Advanced Research Project Agency (ARPA), merupakan salah satu perusahaan yang ada di Amerika Serikat. Pada saat itu jaringan Internet diciptakan untuk menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya perang dingin yang terjadi antara Amerika dengan Uni Soviet. Pada tahun 1960 ARPA menciptakan Paket switching. Paket switching adalah pengiriman pesan yang dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salah satu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi.

Tahun 1969 ARPANET resmi menjadi jaringan komuter nasional di Amerika Serikat. Kemudian Packet switching digunakan secara menyeluruh untuk menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.

Pada tahun yang sama Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) melakukan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
Pada tahun 1970 riset yang diberi nama ARPANET telah berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. ARPANET kemudian merancang sebuah jaringan dengan kehandalan teknologi informasi yang dapat memindahkan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat, dan ditetapkan sebagai sebuah standar pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) dan disinilah awal dari segala sejarah Internet yang dikenal luas sampai saat ini.

Pada Tahun 1971 anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas yang menjadikan sebuah sejarah internet dimana ARPANET dapat mebagi dua proyek antara internet militer dan nonmiliter.

Tahun 1973 merupakan sejarah internet terbaru bagi ARPANET dimana ARPANET ke luar Amerika Serikat dan anggota ARPANET pada saat itu bertambah lagi dengan masuknya beberapa Universitas di luar Amerika Serikat seperti University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.

Seiring perkembangan zaman anggota ARPANET menjadi 111 anggota pada Tahun 1977. Tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat membuat sebuah grup diskusi yang dinamakan Usenet. Pada saat itu pengguna Usenet meningkat secara drastis. Dan pada tahun itu pula emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.

Awal tahun 80-an, komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun 1982 Istilah "Internet" pertama kali digunakan , dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mingizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Pada Tahun tersebut tercatat 1000 buah host yang tergabung pada Internet.

Tahun 1986, diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
Memasuki tahun 1990, Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya. Program inilah yang disebut WWW atau World Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling terhubung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang samamuncul istilah surfing the internet.

Tahun 1994, situs Internet telah mencapai 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan dan sekaligus diciptakannya Netscape Navigator.

Adapun perkembangan sosial media baru booming pada tahun 2002 yaitu diciptakannya "Friendster". Ditahun berikutnya kini sudah banyak jenis sosial media yang memiliki karakter masing-masing seperti facebook, twitter, google +, linkedIn, Myspace, Wiser dan lain sebagainya.



Artikel Terkait

Sejarah Perkembangan Internet
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email