Saturday, November 1

Bandung dengan Konsep Smart City

Menyinggung kata Smart City, pasti masih asing di telinga kita. Smart City bisa kita artikan sebagai Kota Pintar, sama halnya dengan Smartphone (Telepon Pintar) merupakan telepon genggam  yang mempunyai kemampuan yang tinggi dalam teknologi.
Jadi pengertian smart city adalah suatu konsep pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan kota masing-masing. Dalam melaksanakan sistem smart city ini sangatlah bagus, sebab sangat berpengaruh dalam aktivitas dan kebutuhan masyarakat akan adanya teknologi. Memasuki era modern ini , sudah sewajarnya kota-kota besar di Indonesia dibubuhi dengan IT. Bila kota-kota yang ada di Indonesia belum memikirkan adanya smart city ini, pasti Indonesia akan tertinggal jauh oleh negara-negara yang telah mengaplikasikan smart city di kota-kota mereka. Ada dua kunci untuk mewujudkan smart city di berbagai kota di Indonesia yaitu biaya & SDM yang mengelola harus mencukupi. Bila salah satu atau keduanya tak memenuhi, pengaplikasian smart city tak akan terwujud. 

Penerapan system Smart City Di Kota Bandung
Bandung merupakan kota yang yang terletak di Provinsi Jawa Barat sekaligus sebagai Ibukota Provinsi. Bandung terkenal dengan Suku Sundanya yang begitu kental. Selain itu Bandung juga terkenal dengan perguruan tingginya yang berbasis teknologi seperti Telkom University dan Institut Teknologi Bandung. Nah, Mengapa Bandung perlu menerapkan smart city? Dalam pertemuan acara Indosat ICT Conference 2.0 "Smart ICT for Your Business Succes" yang dihadiri oleh Ridwan Kamil  atau Bapak Walikota Bandung di Hotel Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta, Rabu (29/10) .

(Credit photo: instagram.com/ridwankamil)
Ridwan Kamil menjelaskan "Penerapan system smart city bertujuan agar masyarakat bisa saling terhubung, sedangkan dalam pemerintah memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan mengatur kehidupan warganya denga bantuan IT". Sejumlah langkah yang dilakukan oleh Ridwan Kamil untuk mewujudkan Smart City ini telah berjalan baik, seperti pengadaan titik-titik wifi di sejumlah taman kota dan tempat ibadah yang bertujuan untuk meramaikan tempat publik tersebut. Menurut saya, penerapan system Smart City di Kota Bandung sudah sewajarnya dilaksanakan. Kenapa perlu diterapkan, agar Kota Bandung bisa menjadi kota yang dikenal di ASEAN bahkan Internasional sebagai kota berlabel Smart City dan bisa menjadi langkah awal bahwa Indonesia akan menjadi negara yang maju. Untuk menjadikan Bandung sebagai Kota berlabel Smart City ini, memang perlu membutuhkan waktu dan biaya dalam pengembangannya. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk. Yang telah melakukan penandatangan kerjasama antara Bapak Walikota Bandung Ridwan Kamil, General Manager Telkom Wilayah Jabar, Binuri, dan Direktur IT Solution Strategic Portfolio Telkom, Indra Utoyo.

Mewujudkan Bandung Smart City
Bandung Smart City merupakan rencana baru yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung. Jadi bagaimana cara mewujudkan Bandung Smart City? Upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota Bandung untuk mewujudkan Bandung Smart City sementara dalam tahap proses. Untuk mewujudkan hal itu perlu membangun enam unsur dimensi dari Smart City yaitu:
1. Ekonomi Pintar (Smart Economi)
2. Lingkungan Pintar (Smart Environment)
3. Mobilitas Pintar (Smart Mobility)
4. Masyarakat Pintar (Smart People)
5. Kehidupan Pintar (Smart Living)
6. Pemerintah Pintar (Smart Governance)
Keenam unsur tersebut merupakan suatu cara untuk mewujudkan Bandung sebagai kota yang berbasis Smart City. Selain dari keenam unsur tersebut yang menjadi prioritas untuk membangun Bandung Smart City yaitu penyesuaian penerapan IT di Kota Bandung. Karena Smart City yang akan diterapkan di Kota Bandung menitikberatkan pada pemanfaatan teknologi masa kini untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat Kota Bandung. Selain itu tujuan lain penerapan Bandung Smart City ini adalah sebagai solusi dari berbagai permasalahan kemacetan, fasilitas umum yang rusak, penumpukan sampah, mengetahui kondisi tanah yang layak dijadikan lahan pertanian atau lahan mendirikan bangunan.

Sebagai langkah awal menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju, mari kita mulai mengubah kota-kota Indonesia yang khususnya Kota Bandung menjadi kota Smart City agar masalah-masalah seperti kemacetan, penumpukan sampah, fasilitas-fasilitas umum yang rusak, dan kurangnya pengawasan pemerintah terhadap masyarakat dapat teratasi. Oleh karena itu sebagai Pemerintah Kota dan masyarakat seharusnya saling mensupport dan saling bekerjasama agar Bandung Smart City ini dapat terwujud sesuai dengan apa yang diharapkan.

Terima kasih anda telah membaca artikel saya tentang Bandung Smart City mudah-mudahan bermanfaat bagi Sipembaca. Wassalam


Artikel Terkait

Bandung dengan Konsep Smart City
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 komentar

13 October 2015 at 01:39 delete

Mudah2an kota - kota di Indonesia bisa se agresif kota bandung dalam membangun SMART CITY. Untuk bahan sharing, berikut konsep smart city di kota makassarhttp://updatemakassar.blogspot.co.id/?m=1

Reply
avatar
13 October 2015 at 11:24 delete

Mari bersama kita ciptakan smart city bagi kota kita sendiri, Palembang sudah memulainya dari salah satu anak ciputra group yang kini tengah mengembangkan kota Mandiri

http://citragrandcity.com/fasilitas-terbaru-akses-internet-berkecepatan-tinggi-di-citragrand-city/

Reply
avatar
28 March 2017 at 07:09 delete

terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat dan membantu sekali.
cek artikel serupa di :
http://pena.gunadarma.ac.id

Reply
avatar