Friday, August 25

Tips Memilih Referensi Paper yang Baik untuk Laporan Skripsi



Tugas akhir atau skripsi merupakan hal yang lumrah bagi mahasiswa semester akhir, dan pada masa-masa inilah adalah ujian berat sesungguhnya di bangku perkuliahan. Karena, mahasiswa akan sibuk-sibuknya melakukan hal yang begitu menguras tenaga dan pikiran.
Seperti mencari topik TA yang sesuai kemampuan pemahaman, melakukan penelitian/survey, revisi laporan, sampai mengejar dosen pembimbing. Dan yang ribetnya lagi, adalah mencari sumber referensi yang baik, terkadang hal ini terbilang cukup sepele, tapi bisa berakibat fatal dan bisa menjadi bahan alasan untuk revisi terus menerus, sebab referensi yang digunakan kurang memuaskan bagi dosen pembimbing ataupun mahasiswa yang menggarap.

Bagaimana cara mencari referensi yang baik? 

Sekarang, mencari sumber referensi untuk tugas akhir sebenarnya mudah, karena telah dibekali oleh fasilitas internet. Hanya, masalah yang dihadapi oleh mahasiswa itu sendiri adalah mungkin bahasa kasarnya adalah malas. Saat ini, telah banyak situs penyedia jurnal dan paper ilmiah yang bisa dijadikan sumber referensi seperti scholar google dan ieee explore.

Tampilan website IEEE Explore


Situs penyedia jurnal ilmiah tersebut telah menyediakan ribuan jurnal yang terdiri dari berbagai jenis topik. Anda bisa mencari jenis referensi yang sesuai kebutuhan, akan tetapi semua paper yang tersedia tak semuanya berlabel gratis, di sini anda perlu pandai-pandai dalam memilih dan mencari kata kunci yang tepat sesuai topik tugas akhir anda.

Bagaimana cara menentukan referensi yang sesuai dengan topik tugas akhir?

Kondisi ini mungkin penyebab para mahasiswa pusing, karena mereka bingung menentukan apakah referensi paper yang ditemukan ini sesuai dengan tugas akhir yang akan digarap. Ada beberapa langkah-langkah membaca referensi dari paper ilmiah untuk lebih cepat menentukan layak atau tidaknya dijadikan sebagai referensi.
  1. Pahami Judul Paper, ini kita bisa melihatnya langsung di bagian sampul, yang perlu anda pahami dalam judul paper tersebut adalah, apakah terdapat kata kunci yang sesuai dengan topik tugas akhir yang akan digarap. Apabila terdapat anda bisa memasukkannya ke dalam list referensi sementara.
  2. Baca bagian Abstrak, abstrak dalam paper terdiri dari tiga bagian pokok yaitu masalah, solusi (menguraikan bagaiman solusi itu bekerja), dan kinerja solusi. Anda bisa mulai membaca dari abstrak terlebih dahulu, apabila tidak diperoleh statement yang sesuai dengan topik anda, sebaiknya jangan dilanjutkan karena bisa membuang waktu anda.
  3. Lihat Rumusan Masalah, rumusan masalah dalam paper biasanya berisi tentang tujuan dari penelitian, anda bisa memahami satu persatu tujuan yang tertulis dalam paper.
  4. Bandingkan dengan Kesimpulan, setelah membaca tujuan dari rumusan masalah, kemudian langsung ke bagian terakhir paper yaitu kesimpulan. Kenapa, karena umumnya jawaban dari rumusan masalah terdapat di dalam bagian kesimpulan. Dari sini, anda bisa menentukan apakah kesimpulan tersebut berhubungan dengan topik tugas akhir. Dan hal yang perlu diperhatikan juga jika kesimpulan dari paper yang didapatkan tidak menjawab rumusan masalah, sebaiknya jangan gunakan paper itu sebagai referensi karena memiliki kualitas yang kurang bagus.
  5. Baca Latar Belakang dan Isi, sebenarnya keempat poin di atas sudah cukup untuk menentukan bahwa paper tersebut layak dijadikan referensi yang sesuai dengan topik tugas akhir anda. Nah, bagian ini hanya tambahan dan lebih mendalami pemahaman anda terhadap paper.
  6. Buat Tulisan yang ditangkap, cara ini sederhana, cukup buat tulisan dari apa yang anda pahami setelah membaca dan menentukan paper yang dijadikan sebagai referensi. Cara ini bisa membantu anda untuk kebutuhan penulisan laporan tugas akhir.
Jadi, kata kunci utama untuk sukses dan lulus tugas akhir/skripsi adalah terus semangat, meskipun banyak rintangan dilalui sebagai mahasiswa perlu mengetahui bahwa itu semuanya untuk kesuksesan masa yang akan datang


Artikel Terkait

Tips Memilih Referensi Paper yang Baik untuk Laporan Skripsi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

28 January 2023 at 11:42 delete

The wagering phrases are 35x and reside casino video games are not eligible for the welcome promo. Ignition provides a decent payment variety that covers a lot of floor for 메리트카지노 most gamers. You can deposit using bank cards , Bitcoin, and Bitcoin Cash, amongst other choices. Red Dog provides video games completely from RealTime Gaming, which are all prompt play.

Reply
avatar