Thursday, August 24

Perbedaan Karakteristik GUI dan Web UI dari Berbagai Aspek



Graphical User Interface atau disingkat GUI merupakan sebuah bagian antarmuka (UI) yang dapat digunakan oleh pengguna melalui interaksi dengan model grafik (bukan perintah teks). Sedangkan Web UI merupakan suatu antarmuka yang terdapat pada halaman situs.
GUI dan Web UI merupakan hal yang termasuk dalam kategori user interface. Perbedaan dari dua hal tersebut bisa dikatakan tidak terlalu jauh, tetapi masa sekarang pengguna platform desktop lebih cenderung menggunakan website dibanding dengan desktop app. Dari sisi keuntungan, website memang lebih simpel dalam penggunaannya akan tetapi di sisi lain, pengguna tidak bisa mengakses website tersebut tanpa adanya koneksi internet. Sedangkan untuk desktop app yang kebanyakan versi offline, pengguna bisa bebas menggunakannya dan tak memerlukan koneksi internet terhubung pada device mereka.

Lebih lanjut ada beberapa perbedaan karakteristik antara Graphical User Interface dengan Web User Interface sebagai berikut:

Fokus Pengguna

GUI-dari sisi fokus pengguna dari GUI bahwa tampilan desktop app lebih cenderung pada data dan aplikasi. Sedangkan Web UI lebih fokus pada tampilan informasi dan navigasi .

Navigasi

GUI- jika pengguna ingin melakukan interaksi pada tampilan GUI biasanya melalui menu, daftar (lists), trees dialogs, dan wizard. Sedangkan pada Web UI pengguna melakukan interaksi melalui links, bookmark, dan menuliskan URL situs.

Efesiensi Tugas

GUI- digunakan pada target pengguna yang lebih spesifik dengan fungsionalitas aplikasi yang juga lebih spesifik. Sedangkan pada Web UI penggunaanya tidak terbatas dan bisa diakses oleh siapapun karena terhubung dalam jaringan, kecuali situs tersebut di atur dalam mode privasi.

Perangkat

GUI- User hardware variasinya terbatas dan layar yang dimunculkan secara spesifik. Sedangkan pada Web UI user hardware variasinya sangat banyak, dan tampilan layar yang dimunculkan mengikuti hardware yang digunakan (responsive).

Element yang Ditampilkan

GUI-pada tampilan GUI terdapat beberapa elemen yang ditampilkan seperti window, menu, control, data, toolbar, message, dsb, pada umumnya tampilan GUI telah distandarisasi oleh toolkit dan panduan style interface. Sedangkan Web UI terdapat dua komponen utama yaitu browser dan page, dimana di dalam page tersebut memiliki kombiinasi dari text, gambar, audio, video, dan animasi. Standarisasi tampilan Web UI juga bisa dikatakan sedikit dibandingkan dengan GUI.

Data dan Informasi

GUI- dibangun/dikembangkan dengan khusu sehingga aplikasi GUI memiliki sumber data dan informasi yang terpercaya. Sedangkan Web UI dibangun bisa jadi tanpa ada tujuan khusus sehingga konten pada website tidak diketahui, selain bisa juga data yang ditampilkan tidak memiliki sumber yang jelas.

Konsistensi

GUI- pada umumnya GUI dibangun berdasarkan panduan style perancangan antarmuka atau toolkits, sehingga tampilan dari aplikasi GUI terlihat mirip. Sedangkan pada Web UI dalam pembuatannya tidak memiliki panduan perancangan antarmuka yang bersifat universal, selain itu tampilan UI website cenderung dibangun dengan menggambarkan identitasnya sendiri.

Itulah beberapa perbedaan mendasar karakteristik dari GUI danWeb UI, meskipun masih banyak perbedaan yang lebih dalam lagi tentang keduanya, dan anda bisa mencari tau di website yang tersedia. Mungkin itu saja pembahasan artikel ini terima kasih telah membaca.


Artikel Terkait

Perbedaan Karakteristik GUI dan Web UI dari Berbagai Aspek
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email