Monday, August 21

Mengenal Lebih Dekat Menjadi Seorang Freelancer IT



Profesi saat ini sudah sangat bervariasi, karena telah banyak bidang-bidang ilmu pengetahuan dan memiliki manfaat yang saling keterkaitan.
Kita tahu sekarang adalah zamannya teknologi, semua orang merasa sudah kodratnya memiliki teman setia yaitu smartphone. Semakin berkembangnya inovasi dari aplikasi gadget itu, maka penggunanya akan semakin setia. Selain meranah ke hal yang pribadi, ilmu teknologi juga sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Sebab, pengaruh teknologi sangat besar terhadap perkembangan suatu perusahaan. Kita bahas tentang aktor dari itu semua adalah seorang IT developer. Profesi ini sebenarnya terbagi atas dua ada yang dikatakan kerja full time dan ada yang freelance.

Pengenalan Profesi Freelancer

Freelancer atau dalam bahasa Indonesia (tenaga lepas) merupakan pekerjaan yang dilakukan seseorang terhadap suatu instansi atau perusahaan akan tetapi memiliki jangka waktu tertentu, atau biasa disebut kerja kontrak. Seorang freelancer tidak harus berkomitmen penuh terhadap perusahaan yang merekrutnya. Jadi freelancer ini bekerja secara fleksibel, tanpa harus mengikuti aturan perusahaan kecuali sudah menjalin kesepakatan sebelumnya.

I'm Freelancer

Bidang yang digeluti jika ingin menjadi freelancer beragam, dan lebih umumnya freelancer biasa dikenal dalam dunia IT development. Kebutuhan perusahaan merekrut seorang freelancer apabila terdapat  project dalam keadaan genting dikerjakan dan butuh tenaga ahli dibidang itu, dan saat itu juga perusahaan/instansi/organisasi/individu tersebut tidak sedang membuka lowongan pekerjaan tetap. Nah, dengan merekrut seorang freelancer biasanya menjadi solusi utama. 

Darimana Penghasilan Freelancer?

Penghasilan freelancer, sebenarnya tidak stabil dan tergantung dari banyaknya job yang mereka dapatkan. Dalam dunia IT, freelancer biasanya di kontrak dalam jangka waktu tertentu untuk menyelesaikan suatu task-task dari project yang diberikan. Telah banyak perusahaan yang fokus di bidang pengembangan software baik itu berbasis platform desktop ataupun mobile. Bahkan ada juga perusahaan yang fokus dalam development game. Selain itu seorang freelancer juga bisa memperoleh penghasilan dari website khusus freelancer seperti freelancer(dot)com (International Project), dan ada juga untuk lokal seperti sribulancer(dot)com. Website itu menyediakan berbagai macam project yang bersifat urgent ataupun tidak dan ditawarkan oleh freelancer yang mampu mengerjakan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Akan tetapi hal yang perlu dipersiapkan jika menggunakan jasa website ini adalah kelengkapan data dan portfolio yang baik sebagai kunci menang dalam tender project. Kita tahu bahwa, banyak orang yang akan berebutan job dan hanya satu yang akan dipilih oleh si client nantinya.

Suka Duka Menjadi Freelancer

Mungkin ini menjadi pertimbangan berat seseorang, untuk menjadi seorang freelance. Banyak orang beranggapan bahwa menjadi seorang freelancer IT itu susah, karena banyak persaingan dan skill yang masih belum matang menjadi penyebabnya. Dan ada juga yang beranggapan bahwa menjadi seorang freelancer itu santai, bebannya kurang, dan penghasilan juga jalan. Memang anggapan itu benar, akan tetapi kunci sukses seorang freelancer adalah pengalamannya yang begitu banyak. Kita bisa tahu dari portfolio mereka yang mungkin telah diposting di sosial media semacam (Linked In) ataupun website/blog pribadi mereka. 

Jadi sebenarnya menjadi seorang freelancer, bisa juga dijadikan pekerjaan sampingan apabila anda yang tertarik mampu memanage waktu anda dengan baik. Mungkin itu saja pembahasan artikel sekian terima kasih, jika ada saran tanggapan silahkan isi di kolom komentar ya.



Artikel Terkait

Mengenal Lebih Dekat Menjadi Seorang Freelancer IT
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

5 May 2018 at 23:33 delete

Ridiculous quest there. What occurred after? Take care! yahoo email login

Reply
avatar