Sunday, August 20

Ketahui Trik Mengidentifikasi Berita HOAX di Media Sosial


Sejak lahirnya dunia maya, kini pemanfaatannya sudah tak terbendung lagi. Yang dulunya kita kenal sebagai wadah informasi yang sangat bermanfaat, sehingga orang-orang dulu menganggap informasi dari internet lebih real daripada bersumber dari buku yang dicetak.
Akan tetapi, seiring perkembangan zaman semua orang telah memahami pemanfaatan internet khususnya di media sosial. Telah banyak pengguna dari kalangan umur, yang sudah memiliki akun media sosial, dan sudah hampir kewajiban setiap orang memiliki akun medsos. Selain itu, ada juga yang memanfaatkan media sosial ini untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka. Meskipun itu sah-sah saja, yang menjadi masalah di kalangan warganet adalah pemanfaatan media sosial sebagai penyebar berita palsu atau yang sering dikenal berita "HOAX". Keuntungan menyebar berita hoax tentunya bertujuan untuk meningkatkan pengunjung dari akun penyebar berita hoax itu sendiri dan setelah akun tersebut menjadi populer, akun tersebut dapat diperjual belikan pada instansi atau organisasi besar yang membutuhkan, dengan harga yang bisa dibilang tidak kecil. Akan tetapi bahaya yang ditimbulkan sangat besar, apalagi setiap orang di negara Indonesia bahkan belahan dunia, memiliki mindset yang berbeda saat menemukan berita hoax ini. Untuk itu bagaimana kita sebagai warganet bisa lebih bijak ketika menemukan berita yang mencurigakan?

Periksa Kelengkapan Identitas Berita

Berita yang dikatakan hoax apabila judulnya mengandung provokasi dan deskriminasi pada satu pihak. Selain itu berita hoax juga biasanya menggunakan judul yang clickbait atau judul yang tidak sesuai dengan konten berita. Jika anda menemukan berita semacam itu di media sosial entah itu facebook, instagram, twitter, dll. Bisa dipastikan itu merupakan berita palsu, dan mohon untuk tidak menyebarkan. Dan yang kedua periksa kelengkapan sumber berita, apabila berita tersebut real, maka akun tersebut pasti memberikan sumber dari situs yang valid.

Cek Sumber Foto di Google Image

Cara yang lain untuk mengetahui suatu berita di media sosial hoax atau tidak, dengan mengecek foto yang digunakan bersumber dari mana. Biasanya para akun penyebar hoax, mengambil gambar dari situs yang sudah lama, kemudian mengupload gambar tersebut dengan bumbu judul yang menarik. Untuk mengatasinya, sangat sederhana cukup dengan menggunakan mesin pencari Google, kita sudah bisa tahu sumber gambar tersebut. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah.

Drag dan drop Gambar ke Halaman Google Gambar


Pastikan gambar yang ingin dicek sudah didownload, disarankan dalam pengecekan menggunakan laptop atau komputer dan jangan lupa device anda terhubung dengan internet ya. Selanjutnya, buka google gambar, drag foto yang telah didownload ke dalam halaman google gambar. Setelah gambar terupload, maka biasanya sistem pencarian google akan otomatis memunculkan situs website yang pertama kali menerbitkan gambar tersebut. Anda bisa langsung cek, dan menganalisa bahwa apakah benar berita yang anda baca di media sosial dengan menggunakan foto tersebut real atau palsu.

Aplikasi Hoax Analyzer

Baru-baru ini sebuah karya teknologi dari mahasiswa Institut Teknologi Bandung menang dalam kompetisi international Imagine Cup Microsoft se ASEAN. Mengusung tema aplikasi sebagai aplikasi Hoax Analyzer sangat bermanfaat. Penerapan metode artificial intelegence dan SEO Analyzer sehingga aplikasi ini mampu melacak sumber berita yang valid dan menampilkan persentase keabsahan data. Anda bisa mengakses aplikasi berbasis website ini, di hoaxanalyzer.com . 

Hasil Pencarian Hoax Analyzer


Cara menggunakan aplikasi sangat mudah, anda bisa menggunakannya di berbagai jenis device, cukup meng-copy isi artikel berita yang ingin dicek, kemudia buka hoaxanalyzer, lalu paste isi artikel yang di-copy tadi ke dalam textarea yang disediakan. Setelah itu, klik tombol analyze, aplikasi tersebut akan secara otomatis melakukan proses dan mengidentifikasi berita tersebut hoax atau real. Selain itu anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengecek berita hoax dari gambar ataupun link yang tercantum pada postingan media sosial.

Jadi, kita sebagai pengguna media sosial harus selalu berhati-hati terhadap berita yang disebar. Jangan sampai terkena provokasi terhadap berita yang tidak tau sumber aslinya. Selain itu, laporkan akun tersebut apabila memang terbukti telah menyebar berita hoax. Di media sosial seperti facebook telah disediakan fitur untuk melaporkan akun tersebut apabila melanggar kebijakan aturan dari facebook, dengan cara itu bertujuan agar akun tersebut dibanned dan tidak muncul lagi di laman media sosial.


Artikel Terkait

Ketahui Trik Mengidentifikasi Berita HOAX di Media Sosial
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email