Saturday, August 27

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer Serta Cara Membuat Produk yang Baik


Definisi Interaksi Manusia dan Komuter (IMK) berdasarkan beberapa ahli seperti, Hewett et all, mengatakan bahwa "Human-computer interaction is a descipline concerned with the design, evaluation and implementation  of interactive computing systems  for human use and with the study of major phenomena surrounding them". Dan berdasarkan Galitz, 2007 bahwa "Human-computer interaction is the study, planning , design of how people  and computers work together". Jadi berdasarkan teori di atas bahwa HCI bisa di artikan bahwa disiplin ilmu yang mengalami suatu proses hubungan evaluasi, implementasi antar muka computer dengan manusia sehingga saling terintegrasi satu sama lain.


Pada dasarnya Human Computer Interaction ini berarah ke design interface suatu produk baik itu mobile apps, web, desktop application, dll. Ketika seseorang ingin merancang suatu produk aplikasi, ada beberapa yang perlu diperhatikan :

1. Keinginan, dan harapan orang terhadap produk yang dibangun

Dalam menciptakan inovasi melalui perancangan aplikasi, poin pertama ini merupakan syarat utama sebelum melakukan eksekusi. Pentingnya mengetahui hal ini, karena hasil dalam proses pembangun produk aplikasi bisa terealisasikan di kehidupan masyarakat. Dan aplikasi ini bisa menjadi problem solving terhadap masalah kita sebagai manusia dalam kehidupan sehari-hari.

2. Batasan dan kemampuan fisik penggunanya

Perlu diperhatikan juga keampuan fisik pengguna aplikasi, karena dalam dunia ini, tidak ada makhluk yang sempurna sehingga mungkin saja terdapat seseorang yang tidak mampu menggunakan aplikasi karena keterbatasan fisik. Sehingga kita sebagai pengembang aplikasi perlu mempertimbangkan hal tersebut.

3. Memperhatikan user experience dari pengguna produk

Sebelum membangun produk aplikasi, perlu adanya riset terlebih dahulu mengenai, kebiasaan pengguna dalam menjalankan aplikasi. Karena mengubah kebiasaan dari seseorang tersebut terbilang susah. Jadi, dalam merancang aplikasi, sebagai developer mesti mementingkan kenyamanan pengguna dibanding dengan desain aplikasi.

4. Memperhatikan karakteristik dan batasan teknis dari hardware dan software computer

Perlu juga diperhatikan alat penunjang yang akan digunakan untuk membangun sebuah produk sudah memnuhi syarat sehingga target peluncuran produk tidak terhambat dengan masalah ini.

Manusia dan Komputer

Era keemasan teknlogi saat ini, membuat banyak aktivitas manusia bergantung pada teknologi. Dalam human computer interaction perlu ada sedikit pengetahuan tentang perbedaan antara manusia dan komputer dari segi ilmu teknologi.

  • Manusia memiliki sifat yang fleksibel dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, sedangkan komputer tidak dapat beradaptasi.
  • Manusia dapat belajar bagaiman bekerja di lingkungan yang baru, sedangkan komputer tidak dapat melakukan hal itu. 
Untuk memperbaiki kelebihan dan kekurangan pada kedua objek tersebut perlu adanya interaksi antara manusia dengan komputer, sehingga suatu upaya dalam mengatasi masalah dapat diselesaikan. 

Sekian dari artikel yang membahas human computer interaction, jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima Kasih


Artikel Terkait

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer Serta Cara Membuat Produk yang Baik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email