Tuesday, September 5

Pengertian Software Quality Assurance Serta Hubungan dengan Software Engineering



Dalam ilmu IT pasti berhubungan dengan pengembangan software. Software merupakan suatu sekumpulan instruksi yang tersimpan dalam bentuk digital dalam komputer yang berisi informasi, dokumentasi, serta fungsionalitas kode.
Software sejatinya dibuat tidak asal-asalan, oleh sebab itu software sebelum diluncurkan ke publik, perlu melewati yang namanya tahap pengujian (testing). Berhubung artikel ini akan membahas tentang apa sih Software Quality Assurance (SQA) itu? dan bagaimana hubungan SQA terhadap Software Engineering (SE).

Apa itu Quality?

Sebelum memasuki pembahasan utama, perlu kita ketahui secara dasar apa arti dari Quality itu. Quality berarti standar sesuatu yang diukur. Sedangkan Software Quality berdasarkan sumber IEEE merupakan
  1. Derajat kesesuaian dalam sebuah sistem atau proses yang memenuhi persyaratan yang ditentukan.
  2. Derajat kesesuaian dalam sebuah sistem atau proses yang memnuhi kebutuhan dan ekspektasi pengguna.

Quality Assurance vs Quality Control

Setelah kita mengetahui tentang quality, selanjutnya quality bisa dikategorikan dua macam yaitu Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC). QA merupakan suatu standar ukuran kualitas yang menjamin proses pengembangan produk sesuai dan benar, sedangkan QC suatu standar ukuran kualitas yang berfokus pada hasil produk. QA dan QC ini sebenarnya saling berkaitan satu sama lain, karena QC tidak dapat dilaksanakan apabila QA belum terlaksana. Sehingga bisa dikatakan QC merupakan bagian dari QC dalam proses pengujian produk.

Adapun jenis-jenis Quality Assurance sebagai berikut:
  1. Quality of Design, suatu kualitas yang diukur berdasarkan kebutuhan, spesifikasi dan desain sistem. Jadi secara dasar bisa dilihat bahwa, dokumen perencanaan pengembangan produk yang dijadikan tolak ukur untuk melihat tingkat kualitas produk yang akan dibangun.
  2. Quality of Conformance, suatu kualitas yang diukur dari implementasi dari dokumen perancangan menuju ke produk yang dibangun. Jadi goal dari quality of conformance adalah pengukuran kualitas terhadap prototype atau aplikasi versi awal yang dibangun berdasarkan dokumen kebutuhan.
  3. User Satisfaction, merupakan tingkat kepuasan pengguna terhadap pengujian, serta mengukur kesesuaian bduget yang dimiliki oleh customer.

Software Quality Assurance (SQA) dan Software Engineering (SE)

Setelah kita megetahu apa itu quality, quality control, quality assurance serta macam-macamnya. Sekarang apa yang dimaksud dengan Software Quality Assurance (SQA)? SQA merupakan sekumpulan aktifitas yang menjamin dan mengevaluasi dari proses pengembangan suatu produk berjalan dengan benar dan sesuai. Apa hubungan SQA dengan SE? SE atau dalam bahasa Indonesia dikenal Rekayasa Perangkat Lunak merupakan kegiatan yang mendalami suatu metode atau cara pengembangan perangkat lunak. SE itu sendiri memiliki lima metode dasar yaitu planning, analisis, pengembangan, pengujian, dan maintanance. 

Jangan lupa baca juga: Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak

Berdasarkan dari lima tahapan SE itu, SQA berperan dalam menjamin semua tahapan tersebut berjalan sesuai dan benar. Dari hal itu SQA melakukan evaluasi di setiap tahapan agar tidak terjadi kesalahan, hal tersebut bertujuan untuk mencapai hasil produk yang optimal.


Artikel Terkait

Pengertian Software Quality Assurance Serta Hubungan dengan Software Engineering
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email