Sunday, September 3

8 Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Manusia



Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diciptakan tak lain untuk memberikan kemudahan dan memecahkan segala problematika kehidupan sehari-hari manusia. Saat ini, telah banyak inovasi, yang berawal dari masalah-masalah yang ditemukan, sehingga para IT Engineer banyak telah berhasil memecahkan permasalahan tersebut.
Sebut saja sebuah alat komunikasi yang dulunya masih menggunakan POS dan hal itu bisa memakan waktu behari-hari bahkan berbulanan. Dari situ, maka ditemukanlah yang namanya Telepon Seluler yang bisa memberikan kemudahan dalam komunikasi secara real time. TIK di era sekarang telah dimanfaatkan hampir di semua bidang, dengan kemajuan teknologi tersebut memberikan dampak yang positif bagi kita. Dalam artikel ini akan membahas apa saja peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan manusia.

1. Dalam Bidang Pendidikan

Bisa dibilang pendidikan saat ini memang sangat membutuhkan teknologi, karena selain untuk proses pembelajaran berjalan secara efesien, selain itu berkat teknologi pelajar ataupun guru bisa melakukan proses pembelajaran dari jarak jauh atau lebih dikenal e-learning. Sistem e-learning merupakan metode pembelajaran dengan cara berinteraksi secara jarak jauh. Perlu adanya perangkat pendukung untuk memanfaatkan teknologi e-learning ini yaitu akses internet dan perangkat komputer. Selain itu, e-learning juga menyediakan sumber kekayaan ilmu seperti perpustakaan online. Dan saat ini, telah banyak provider sarana pembelajaran bagi anak-anak seperti quipper school, ruang guru, moodle, dll.

2. Dalam Bidang Pertanian

Bidang pertanian saat ini juga sudah menggunakan teknologi, Meskipun petani menggunakan teknologi hanya sebatas interaksi dalam memperoleh informasi. Penerapan teknologi di bidang pertanian, telah banyak membantu petani melalui website departemen pertanian, seperti informasi lahan yang baik, penggunaan pupuk yang benar, informasi pengairan, serta dari website tersebut disediakan formulir pengaduan jika terjadi masalah. Selain situs dari pemerintah, ada juga inovasi dari anak bangsa, baru-baru ini didirikan sebuah start up untuk membantu para petani dalam memasarkan hasil panennya, yaitu PT Limakilo. Start up ini, dulunya pemenang dari ajang kompetisi Hacking Marathon (Hackathon) Merdeka 1.0 Bandung. Dari situ, tujuan yang sangat bermanfaat untuk meredam harga hasil panen di pasaran, dengan diciptakan sistem website limakilo ini.

3. Dalam Bidang Kesehatan

Penerapan TIK juga sangat berpengaruh pada bidang kesehatan, implementasi TIK secara sederhana bisa dilihat pada metode pengobatan jarak jauh. Dengan adanya website disetiap rumah sakit ataupun puskesmas, bisa meringankan beban masyarakat yang ingin berobat dengan jarak jangkauan rumah sakit yang cukup jauh. Selain itu, puskesmas yang berada pada daerah terpencil juga bisa berkomunikasi dengan rumah sakit pusat tentang diagnosis dari penyakit pada pasien. Saat ini ada juga, sebuah sistem informasi untuk berbincang dengan para dokter mengenai keluhan yang dialami selama ini. Dengan bantuan inovasi tersebut, segala kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan bisa terlaksana dengan baik.

4. Dalam Bidang Pemerintahan

Penggunaan TIK tak hanya untuk masyarakat saja, pemerintah juga sangat membutuhkan teknologi informasi.  Karena tanpa adanya TIK, kegiatan-kegiatan pemerintahan mungkin tidak sefektif sekarang. Sebelumnya kita sudah tahu apa itu e-learning, sedangkan penerapan TIK dalam pemerintahan disebut e-government. Telah banyak lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah sudah menerapkan teknologi ini. Sistem e-governement diciptakan tak lain untuk, memberikan kemudahan dalam berinteraksi antara pemerintahan dengan pihak yang lain. Pemanfaatan TIK di bidang pemerintahaan ini mencakup tiga hubungan yaitu :
  1. G2C (Government to Citizen), pemanfaatan TIK dalam melayani masyarakat dalam segi kebutuhan serta keluhan.
  2. G2B (Government to Bussiness), pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan dalam dunia usaha.
  3. G2G (Government to Government), pemanfaatan TIK dalam melayani segala kebutuhan antar pemerintahan dan departemen daerah ataupun pusat.

Logo Wonderful Indonesia


5. Dalam Bidang Kebudayaan

Indonesia merupakan negara yang memiliki kebudayaan yang sangat banyak, sehingga kia sebagai WNI patut bangga dengan hal ini. Meskipun, belum banyak dari informasi tentang kebudayaan dalam negeri yang Go Internasional. Mungkin dengan adanya implementasi TIK, bisa membantu untuk memperkenalkan kebudayaan dalam negeri secara global. Dan saat ini, telah ada situs penyedia untuk menampilkan segala informasi kebudayaan yang ada di Indonesia seperti ddalam situs resmi Wonderful Indonesia. Melalui TIK juga memudahkan para pengrajin produk-produk kebudayan lokal bisa membantu untuk mempromosikannya ke luar negeri.

6. Dalam Bidang Politik

Sebenarnya bidang ini masih memiliki kaitan dengan pemerintahan, akan tetapi tujuan dalam pengembangan TIK sudah berbeda. Dalam bidang ini, penerapan TIK sangat penting dan sangat membantu dalam proses menjalankan demokrasi di Indonesia. Sebagai contoh adalah mengemukakan pendapat dan aspirasi ke pemerintahan melalui website penyedia, adalah salah satu implementasi TIK dalam politik. Selain itu, TIK saat ini diterapkan pada sistem perhitungan cepat pada kegiatan Pemilihan Umum baik daerah atau pusat. Melalui sistem tersebut, masyarakat bisa memperoleh hasil perhitungan suara dengan cepat.

7. Dalam Bidang Sosial

Untuk meningkatkan rasa empati terhadap masyarakat sangat diperlukan adanya implementasi TIK. Sebagai bukti contohnya bisa dilihat pada situs kitabisa(dot)com yang mencoba membantu masyarakat yang memperoleh musibah baik itu bencana alam hingga kondisi finansial. Dengan bantuk TIK ini, sangat berperan penting terhadap peningkatkan jiwa sosial masyarakat. Selain itu, bidang sosial juga berhubungan dengan bagaimana menambah link atau pergaulan. Pasti semua tau media yang digunakan untuk saling kenala dan bertukar gagasan seperti facebook, twitter, instagram, path, dll. Aplikasi tersebut merupakan bagian dari TIK atau kita lebih kenal dengan sebutan Sosial Media. Semakin, mudahnya orang-orang menggunakan sosial media sehingga pemanfaatannya juga semakin meningkat, mulai dari untuk bermain game, sharing pengalaman atau berita, hingga sosial media juga banyak dimanfaatkan sebagai forum jual beli. Dan, yang perlu diwaspadai saat ini adalah banyak orang yang salah menafaatkan media ini, seperti penipuan hingga sharing berita hoax.


8. Dalam Bidang Ekonomi

Berbicara tentang ekonomi, pasti berkaitan dengan tempat transaksi jual beli seperti supermarket, swalayan, hingga Mall. Biasanya, tempat itu dikunjungi pembeli untuk memperoleh sesuatu dengan cara berinteraksi langsung antara pembeli dan penjual. Saat ini, perkembangan TIK kini mulai memasuki bidang ini, sejak didirikannya sebuah situs jual beli sehingga para pembeli dan penjual bisa saling bertransaksi secara langsung. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang ekonomi ini biasa disebut e-commerce. Kemudahan dalam akses serta lebih hemat waktu, membuat penjualan online semakin merambah kemana-mana. Modal yang diperlukan untuk mendirikan usaha online, bisa di bilang terlalu sedikit, dibanding dengan usaha onsite yang memerlukan modal yang lebih banyak seperti sewa tempat, modal perabotan, pajak usaha, dll. Penjualan online atau disebut Market Place, hingga kini bisa dilakukan di berbagai platform seperti PC ataupun smartphone. 


Artikel Terkait

8 Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Manusia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email