Friday, September 8

5 Aplikasi Teknologi Informasi Penunjang Kegiatan Mengajar untuk Guru



Guru merupakan profesi yang sangat mulia, karena tanpa adanya guru setiap orang berprofesi tentara, polisi, dokter, pilot, dll. Pasti sebelumnya melalui proses belajar yang dipandu langsung oleh seorang guru.
Meskipun saat ini, zaman tenologi semakin berkembang, yang menjadi memprihatinkan adalah metode dalam mengajar masih sama sebelum teknologi itu muncul. Bermacam inovasi yang dilakukan oleh orang-orang ahli IT untuk mencoba memecahkan permasalahan yang terjadi. Sehingga sampai saat ini telah ditemukan beberapa aplikasi teknologi informasi (e-learning) yang mudah-mudahan bisa meningkatkan metode mengajar para guru. Berikut 5 Aplikasi E-Learning untuk Guru sebagai berikut:


1. Google Classroom

Ternyata perusahaan raksasa IT Google yang kita ketahui hanya menyediakan layanan dalam search engine saja. Akan tetapi secara perlahan, Google kini membuat inovasi terbaru yang ditujukan pada bidang edukasi yaitu Google Classroom. Aplikasi yang bersifat gratis ini, memang dibangun untuk para Guru disemua jenjang pendidikan. Fungsionalitas utama dari aplikasi GC ini adalah bagaimana seorang guru membuat sebuah virtual class yang bisa diakses oleh para siswanya. Kita tahu masa sekarang, rata-rata siswa sudah memiliki perangkat elektronik seperti laptop atau smartphone. Daripada perangkat elektronik siswa digunakan kearah negative, lebih baik Guru bisa memanfaatkannya melalui Aplikasi Google Classroom ini. 

Tampilan Dashboard Google Classroom


Bagaimana Cara Mengakses Google Classroom?
Aplikasi Google classroom ini dirancang sebegitu sederhana mulai dari tampilan hingga tombol navigasi. Sebelumnya perlu diketahui bahwa aplikasi ini tersedia dalam dua platform yaitu mobile dan desktop. Bagi guru yang ingin mengaksesnya melalui mobile anda bisa mendownloadnya di playstore (android) atau di appstore (iOS) dengan mengetikkan Google Classroom di kolom search. Sedangkan untuk guru yang ingin mengakses melalui laptop (desktop), anda bisa langsung mengaksesnya di web browser melalui link ini ( classroom.google.com ). Syarat untuk masuk ke dalam sistem hanya satu, pastikan anda memiliki akun gmail.


2. Ruangguru

Ruangguru merupakan jasa aplikasi berbasis aplikasi smartphone, yang juga bisa menunjang kegiatan mengajar guru. Selain itu melalui aplikasi ini juga sangat membantu dalam menambah penghasilan guru.

Aplikasi Ruangguru di Google Playstore


Banyak fitur yang disediakan oleh aplikasi e-learning smartphone ini, seperti membantu siswa dalam menemukan guru private yang sesuai dan mudah dimerngerti dan metode tanya jawab melalui live chat. Perusahan yang dicetus oleh seorang laki-laki lulusan Columbia University yaitu Iman Usman, mencoba mengembangkan inovasi ini untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam rana dunia pendidikan di Indonesia. Anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui playstore ataupun appstore.

Halaman Awal Website Qupper School


3. Quipper School

Quipper school merupakan aplikasi platform edukasi yang memiliki fungsionalitas hampir sama dengan aplikasi sebelumnya. Sebab metode serta fitur yang diberikan agak berbeda, dimana aplikasi ini dibagi dari dua jenis yaitu Quipper school Link untuk guru dan Learn untuk Siswa. Jadi, tampilan antar kedua bagian untuk guru dan siswa tentu saja berbeda. Dari Link guru nantinya akan mengontrol dan mengelola kelas online tersebut, mulai dari mengirim ujian dan tugas, menampilkan konten materi edukasi, dan selain itu para guru sesama pengguna Quipper School bisa berkolaborasi bersama. Di lain sisi, untuk bagian Learn siswa, terdapat fitur-fitur yang disediakan seperti lembaran tugas dan materi, pesan untuk guru, dan games edukasi. Meskipun aplikasi ini hanya bisa diakses melalui desktop (website), dan hingga saat ini telah banyak sekolah dan guru yang mulai menerapkan sistem e-learning ini.


Halaman Awal Website Moodle


4. Moodle

Aplikasi ini juga tak kalah bagus dari aplikasi sebelumnya, moodle merupakan suatu platform pembelajaran yang dirancang khusus dan ditujukan untuk guru, administrator, dan pelajar, demi menciptakan lingkungan belajar yang dipersonalisasi. Moodle ini, merupakan salah satu model website e-learning yang bisa dicustomize oleh para pengguna. Banyak fitur yang disediakan, seperti meunggah materi, quiz online, serta virtual class.Meskipun pengembangan moodle saat ini, masih dalam versi bahasa Inggris, karena pengguna aplikasi ini bersifat global tidak hanya fokus dari satu wilayah saja. Tetapi, anda bisa menemukan banyak tutorial tentang penggunaan moodle menggunakan bahasa Indonesia.


Halaman Awal Website Kahoot!

5. Kahoot!

Aplikasi yang satu ini, mungkin sangat banyak disukai oleh guru dan siswa tentunya. Sebab metode pembelajaran dari aplikasi ini berupa kuis cepat dan tepat. Melalui aplikasi game ini, bisa sangat membantu guru dalam menunjang kegiatan belajar dengan suasana fun. Karena siswa akan juga merasa senang apabila belajar sambil bermain. Aplikasi ini bersifat gratis tanpa dipungut biaya apapun. Cara aksesnya, guru hanya tingga mengakses link websitenya (kahoot.com) melalui web browser seperti chrome, mozilla, atau semacamnya. Selanjutnya anda cukup registrasi akun melalui tombol Sign Up, isi kolom yang disediakan. Melalui aplikasi ini, nantinya anda sebagai guru bisa membuat bermacam jenis soal tebakan, dengan beragam jenis opsi jawaban yang bisa dicusomize semenarik mungkin. Selanjutnya, ketika soal-soal kuis telah dibuat, anda bisa langsung membagikan kode pin kuis agar para siswa bisa masuk dan berkontribusi dalam game kuis ini. Setelah itu, masing-masing siswa mesti memiliki laptop masing-masing dan mengakses link kahoot.it dan memasukkan kode pin kuis yang telah dibagikan.

Mungkin itu saja informasi dari mrtekno tentang aplikasi-aplikasi penunjang kegiatan mengajar untuk guru, mudah-mudahan informasi yang disampaikan bermanfaat untuk pembaca.


Artikel Terkait

5 Aplikasi Teknologi Informasi Penunjang Kegiatan Mengajar untuk Guru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email