Thursday, January 3

Bedah Spesifikasi Toyota Calya



Kalau kita perhatikan akhir-akhir ini di internet sepertinya sudah banyak dibahas soal spesifikasi Toyota Calya, mulai dari website resmi Toyota sampai dengan beberapa website pecinta otomotif di Indonesia.

Toyota Calya sendiri merupakan salah satu jenis mobil MPV dengan kelas LCGC alias Low Cost Green Car yang mampu membawa sampai dengan 7 penumpang di dalamnya. Dengan persaingan yang begitu ketat di Indonesia dari merek sebelah seperti Datsun GO+ Panca, Toyota Calya ini menawarkan beberapa keunggulan dan fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya.

Toyota Calya


Toyota Calya sendiri tidak hanya semata-mata merupakan sebuah produk mobil gado-gado yang mewarisi para pendahulunya seperti Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova. Namun spesifikasi Toyota Calya juga bisa disebut lebih berbeda daripada pendahulunya dan bahkan saudaranya yaitu Toyota Agya.

Mobil LCGC ini juga telah menggunakan platform yang sama seperti saudaranya Toyota Agya, atau juga bisa dikatakan mirip mirip dengan Daihatsu Ayla dimana mobil ini berpenggerak roda depan. Yang membedakan Toyota Calya dari kedua jenis mobil tersebut adalah wheelbase nya diperpanjang sampai sekitar 2,5 meter dan diperkuat agar penumpang yang mampu diangkut lebih banyak.

Roda depan dari Toyota Calya yang mendapatkan tenaga dari mesinnya yang bertipe 3NR-VE dengan 4 silinder diklaim mampu menghasilkan tarikan dan tenaga yang cukup untuk melaju di jalanan bahkan dengan membawa 7 penumpang sekaligus. Apalagi dengan dukungan teknologi mesin VVT-i yang mana merupakan kelas tertinggi dari sebuah mobil LCGC jenis bensin membuat mobil ini semakin naik levelnya jika dibandingkan dengan pesaingnya dari merek sebelah.

Dengan dua pilihan jenis transmisi yaitu Automatic dan Manual, mobil ini juga mampu menghasilkan tenaga sampai dengan 86 PS pada 6.000 RPM dan torsi penuh 107 NM pada 4.200 RPM. Untuk jenis Automatic, mobil ini membawa teknologi transmisi 4 percepatan dan untuk jenis Manualnya mengusung transmisi 5 kecepatan yang juga diterapkan untuk pendahulunya yaitu Toyota Avanza dan Toyota Rush.

Perbedaan Spesifikasi Toyota Calya VS Avanza


Lalu beberapa hal lagi yang membedakan Toyota Calya dengan beberapa pendahulunya seperti Toyota Avanza adalah dimensi mobil ini sendiri. Dimensi dari Toyota Calya sendiri memiliki panjang sekitar 4,07 meter dan memiliki lebar sekitar 1,65 meter, sedangkan mobil ini memiliki tinggi sekitar 1,6 meter. Jika dibandingkan dengan kakaknya yaitu Toyota Avanza, mobil ini memiliki ukuran body yang sedikit lebih pendek yaitu sekitar 12 cm. Tidak hanya itu saja, bahkan mobil LCGC keluaran Toyota ini juga lebih rendah sekitar 9,5 cm daripada kakaknya Toyota Avanza namun memiliki lebar body yang sama. 

Untuk sekedar informasi, Toyota Calya juga sudah disesuaikan dengan kontur jalanan di Indonesia dimana mobil ini memiliki jarak terendah dengan tanah sekitar 18 cm, berbeda 2 cm dengan kakaknya Toyota Avanza yang memiliki jarak terendah dengan tanah sekitar 20 cm.
Toyota Calya dijual di pasaran Indonesia melalui dealer Auto2000 dengan dua tipe yaitu tipe E dan tipe G yang mana untuk masing-masing tipe tersebut juga bisa kalian pilih jenis transmisinya Automatic atau Manual.

Lalu beberapa fitur standar lainnya seperti Dual SRS Airbag, Immobilizer, ISOFIX, Multi Information Display (MID), Eco Indicator, Parking Sensor dan seat belt tiga titik juga tidak lupa disematkan pada Toyota Calya. Yang juga tidak kalah dengan mobil-mobil jaman now lainnya adalah bahwa mobil ini juga sudah menerapkan power window untuk setiap sisi jendela.

Ada yang membedakan dari Toyota Calya tipe E dan G yaitu untuk tipe E manual tidak dibekali dengan ABS. Selain itu, fog lamp, spion elektrik, dan lampu sign pada spion hanya tersedia pada Toyota Calya tipe G.

Satu hal unik lagi yang dimiliki oleh Toyota Calya ini terletak pada bagian kabin dimana mobil ini tidak menggunakan double blower pada plafon melainkan menggunakan air circulator yang mengalirkan udara sejuk dari depan ke sisi belakang kabin.



Artikel Terkait

Bedah Spesifikasi Toyota Calya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email