Monday, September 25

Kompetisi Ide Startup BNI HACKFEST Bandung 2017



Pada tanggal 23-24 September 2017, baru-baru ini BNI telah melaksanakan sebuah acara kompetisi digital solution di kota bandung. Sebelumnya acara ini telah digelar di kota Malang, Yogyakarta dan Makassar.
Acara yang diikuti oleh kurang lebih 50 Tim yang diseleksi telebih dahulu berdasarkan ide yang diajukan. Acara hacking marathon yang digelar di Bandung Digital Valley, berjalan dengan sukses dan dihadiri peserta dari beberapa universitas di Kota Bandung.

Yang menjadi pusat perhatian bagi peserta dengan digelarnya hackathon ini adalah hadiahnya yang WOW yaitu dengan total hadiah uang tunai 60 juta rupiah. Dimana juara pertama akan mendapatkan 30 jt, juara ke-dua 20 jt, dan juaran ke-tiga mendapat 10 juta. Kali ini, tema pada acara hackathon round 4th di bandung mengangkat tema tentang solusi dalam perbankan, sosial, e-commerce, dan pemerintahan. Selain itu, terdapat perbedaan penyelenggaraan acara ini, yaitu panitia menyediakan website FOUNDERS MATCHING. Aplikasi ini berguna untuk mempertemukan orang-orang dengan skill tertentu dan membentuk sebuah tim dan bisa mengikuti acara hackathon ini.

Hari Pertama

Dalam kegiatan ini, peserta dituntut untuk membuat aplikasi dengan platform apa saja (mobile atau desktop), yang mampu menyelesaikan permasalahan dan sesuai dengan tema yang disediakan. Adapun roundown acara dari kegiatan ini, dimulai dari pukul 08.00-09.00 WIB peserta melakukan registrasi ulang. Selanjutnya terdapat kata sambutan dari panitia serta juri. Acara inti yaitu hacking marathon baru diresmikan pada pukul 11.00 WIB.

Sesi Hackathon (Hari ke-1)


Dimalam harinya, peserta diberikan template powerpoint dan diarahkan untuk mempresentasikan beberapa poin penting tentang aplikasi yang dibangun, sesi penjurian satu ini, dimana setiap tim dipanggil satu persatu masuk ke dalam ruangan meeting untuk mempresentasikan idenya. Secara garis besar ada 4 aspek yang perhatikan yaitu, Problem, Solusi, Target User, dan Model Bisnis. Dari sesi penjurian satu ini, masing-masing tim akan diberikan waktu sekitar 7 menit untuk presentasi dan tanya jawab.

Hari Kedua

Di hari terakhir semua tim akan melakukan finishing, baik dari aplikasi hingga slide presentasi. Sesi ini, merupakan tahap penjurian kedua, dimana setiap juri akan mendatangi ke setiap meja tim untuk melakukan demonstrasi aplikasi yang dibuat. Dari hal ini, juri akan menilai seberapa menarik aplikasi yang dibuat, serta konsep UI/UX dari aplikasi tersebut. Sekitar 2 jam penjurian, tepat pukul 11-00 WIB. Merupakan moment yang menegangkan bagi peserta hackathon, karena telah masuk sesi pengumuman top 10 yang akan mempresentasikan (pitching) on stage. 

Sesi Demo Aplikasi (Hari ke-2)


Keseruan dalam sesi pitching, dimana peserta saling melemparkan argumen dari pertanyaan-pertnyaan yang diajukan oleh para juri. Dari situ, juri menilai tim mana yang mampu, memberikan jawaban jelas dan akurat terhadap pertanyaan para juri. Setelah 2 jam melakukan pitching, dari 10 peserta yang telah melakukan pitching diseleksi langsung dan keluar tiga tim pemenang yaitu

  1. Tim Kesempurnaan Cinta (Juara 1)
  2. Tim Kawan Belajar (Juara 2)
  3. Tim Sellution (Juara 3)

Ketiga tim yang berhasil juara tersebut akan diundang untuk menghadiri acara puncak BNI Digination bersama para juara BNI Hackfest yang diselenggarakan di kota-kota lain. Setelah dua hari melakukan rutinitas yang melelahkan dalam gelaran hacking marathon 1x24 jam ini, semua peserta diberikan medali sebagai tanda berhasilnya dalam melakukan kegiatan ini. Selain itu terdapat juga sesi foto bersama untuk semua tim.



Artikel Terkait

Kompetisi Ide Startup BNI HACKFEST Bandung 2017
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

22 January 2023 at 07:15 delete

CNC machine is a great energy software used for hobbyists, small business, and industrial manufacturing. It can mill, flip, drill, grind, engrave, etch, reduce materials corresponding to wood, steel, foam, Boxers plastic, and is extensively used within the subject of equipment manufacturing and automation. There are six most typical varieties, together with mills, lathes, routers, lasers , digital cutters, plasma cutters.

Reply
avatar