Monday, March 21

Mahasiswa Jaman Now: Membuat Catatan Kuliah Digital dengan Blog


Rutinitas sehari-hari seorang mahasiswa biasa tak menentu (seperti yang admin alamin), sehingga terkadang waktu yang digunakan dalam sehari kurang efesien. Berbicara seorang mahasiswa, pasti memiliki kewajiban dalam menyelesaikan masa studinya. Dan setiap mahasiswa memiliki tipe yang berbeda-beda, ada yang memiliki tipe  kuliah pulang kuliah pulang atau disingkat kupu-kupu, ada yang tergolong dalam mahasiswa yang aktif dalam organisasi, ada pula yang lebih fokus pada akademik dan itu semua tergantung dari komitmen mahasiswa itu sendiri.

Di lain sisi berbicara tentang pemberi materi dalam perkuliahan yang kita kenal sebagai dosen. Dimana setiap dosen juga memiliki karakter yang berbeda dalam memberikan materi. Kebanyakan mahasiswa mengalami masalah dalam proses perkuliahan sehingga tidak dapat mencermati materi dengan baik melalui dosen tersebut. Kecuali ada mahasiswa, yang memiliki daya paham yang kuat sehingga mudah memahami materi yang disampaikan oleh berbagai dosen . Pemahaman materi yang disampaikan oleh dosen yang kurang maksimal  serta kurangnya catatan materi akan berdampak pada proses pengerjaan tugas, kuis, maupun UTS dan UAS, apabila catatan materi mahasiswa kurang lengkap atau berantakan mengakibatkan kurang nyamannya seorang mahasiswa saat belajar, yah ujung-ujungnya ngopy catatan temen yang tulisannya bagus. Tapi ada pula timbul sifat malas-malasan dan terus menerus menunda waktu, akibatnya belajar atau ngerjain tugasnya sistem kebut semalam (masalah banget ya).

Mengapa Mahasiswa Butuh Blog?

Blog merupakan salah satu jenis website yang berisikan tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting. Blog bisa digunakan diberbagai usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Membuat website sendiri seperti ini cukup mudah dan biaya registrasinya pun juga gratis. Bermacam-macam CMS  (content management system) yang tersedia di dunia maya, seperti blogspot, wordpress, blogdetik, tumblr, joomla, kompasiana, dll yang bisa dimanfaatkan. Berkaitan dengan masalah mahasiswa sebelumnya, blog bisa dijadikan sebagai teman baik dalam perkuliahan untuk menyimpan materi mata kuliah. Oleh karena itu artikel ini akan membahas opini admin mengenai apa aja sih keuntungan membuat catatan materi kuliah melalui  situs blog?   berikut penjelasannya:

1. Interface yang Nyaman
Menggunakan situs blog sebagai catatan matakuliah online, bisa lebih membuat gairah belajar kita meningkat. Kenapa? karena terkadang mahasiswa, lebih malas membaca melalui catatan dari buku dengan tulisan yang gak jelas dan gak karuan, sehingga ujung-ujungnya akan membuat ngantuk dan cepet bosan. Oleh karena itu dengan membuat catatan melalui blog akan lebih nyaman dan lebih mudah dibaca, selain itu kita sebagai mahasiswa bisa mendesain template blog tersebut sesuai kebutuhan. 

2. Tahan Lama
Menggunakan blog sebagai catatan online, sangat feasible bagi mahasiswa karena catatan yang dipost akan tersimpan dalam jangka waktu yang lama dibanding menggunakan buku catatan fisik, dan ketika materi matakuliah tertentu sudah dipelajari dan dibutuhkan kembali, akan menjadi lebih mudah menggunakan blog dengan hanya mencari melalui kolom search keyword.

3. Sangat Flexible
Penggunaan blog juga dikatakan flexible, karena sebagai mahasiswa tidak perlu repot-repot membawa buku catatan fisik kemana-mana. Dengan menggunakan blog, kita bisa membuka situs blog kita dengan syarat device (smartphone, laptop, tablet, dll) yang digunakan terhubung dengan internet (internet sudah menjadi kebutuhan).  Selain itu kemudahan dalam mengakses juga membuat penggunaan waktu lebih efesien.

4. Kreatifitas Menulis Meningkat
Menggunakan blog, akan otomatis membuat kita mengembangkan skill berargumen dengan bahasa yang baik hal ini bisa mendorong skill menulis demi menunjang matakuliah skripsi yang akan dijalani di akhir semester (lebih meminimalisir jumlah revisi). Selain itu menggunakan blog juga bisa melatih kreatifitas melalui pengaturan postingan agar lebih menarik melalui widget-widget blog yang disediakan akibatnya  akan lebih nyaman dalam mengakses catatan online kita.

5. Menambah Jiwa Sosial
Menggunakan blog sebagai media catatan online bisa menguntungkan kita dalam bidang sosial, kok bisa? karena tulisan yang dimuat bisa dibaca oleh banyak orang yang mengunjungi website pribadi kita. Sehingga dari situ, dengan keuletan dalam menulis membuat kita bisa mendapat respon postif dari pengunjung dunia maya. Di samping itu, melalui platform ini, bisa terjadi proses sharing ilmu pengetahuan dengan pengunjung dapat membuat pikiran kita lebih terbuka.

6. Dapat Uang Jajan
Dapat uang jajan? gimana caranya? Ya pastinya melalui blog, dengan catatan kuliah yang kita tulis akan terdaftar ke dalam search engine google. Dari sini kita sebagai mahasiswa bisa memanfaatkan google adsense (GA) yaitu sebuah program kerjasama periklanan melalui media internet. Ketika postingan kita telah ramai dikunjungi oleh visitors, dari sini kita bisa memanfaatkan GA untuk memasang iklan dalam website (blog). Dari situ, iklan yang telah terpasang bisa menjadi pendapatan apabila iklan yang tampil berhasil dilihat atau diklik oleh pengunjung. Dan persenan pendapatan yang diperoleh dari jasa ini bervariasi biasanya 0.5-2 dollar USD per klik (bayangin yang mengklik 1000 pengunjung). Eits... perlu diingat daftar GAnya gak semudah yang dibayangkan loh, perlu adanya proses validasi dan pengecekan konten oleh pihak Googlenya.

Nah jika kita telah berhasil menghasilkan pendapatan dari jasa ini melalui blog kita, kan bisa lebih untung lagi dan lumayan buat uang jajan. Selain itu pendapatan yang dihasilkan juga bisa digunakan untuk nyewa hosting serta top level domain (.com, .net, .id, dll) , agar blog kita bisa lebih professional dan terlihat keren. Mumpung di Domainesia lagi ada paket hosting untuk pemula. Anda bisa memanfaatkannya dengan mudah.



Itulah sedikit cerita admin sebagai mahasiswa dalam memanfaatkan blog sebagai media catatan kuliah online, yang sangat membantu dalam proses kuliah seperti web blog mr tekno ini. 


Artikel Terkait

Mahasiswa Jaman Now: Membuat Catatan Kuliah Digital dengan Blog
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email