Saturday, March 5

Jelajahi Wajo dengan Aplikasi Ini

Wajo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Daerah dengan ibukota Sengkang ini memiliki berbagai macam tempat pariwisata yang terkenal, seperti Danau tempe, Rumah Adat Atakkae, Kampung Sutera, Gua Nippon, dll. Selain itu daerah yang dihuni mayoritas bersuku bugis ini, juga memiliki bermacam-macam makanan khas sehingga banyak turis lokal maupun mancanegara datang ke Wajo untuk mencicipi makanan tersebut dan biasanya makanan khas tersebut sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Luas daerah Kabupaten Wajo ini sekitar 2056,19 km2 dan berpenduduk kurang lebih sebanyak 400.000 jiwa. Kabupaten yang lahir pada 29 Maret 1600-an ini memiliki moto "Maradeka Towajoe Ade'na Napapuang" artinya Merdeka masyarakat Wajo dan menjunjung tinggi adat-istiadat.

Seiring berjalannya waktu, kini Kab Wajo sudah termasuk daerah yang cukup berkembang dengan penataan kota yang baik dan daerah ini pernah dikategorikan sebagai kota hijau dalam ajang piala adipura nasional yang diselenggarakan oleh kementerian lingkungan hidup. Karena terlalu banyaknya fasilitas yang tersedia di Kab Wajo, membuat para turis yang datang agak kebingungan dan sistem navigasi yang dibuat oleh Google seperti maps untuk mendeteksi lokasi-lokasi khusus yang ada di Kab Wajo kurang mumpuni. Berdasarkan problematika tersebut, sehingga tahun 2016 sebuah tim developer yang bernama 4nesia mencoba memberikan inovasi untuk memudahkan akses masyarakat setempat maupun luar daerah untuk mendapatkan informasi di Wajo itu sendiri.
Gambar1. Logo 4nesia


Tim yang beranggotakan 7 orang ini, berhasil membuat sebuah aplikasi berbasis android apps dan web dengan nama Portal Wajo. Sebelum menyinggung kinerja sistem aplikasi ini, mari kita review sedikit para developer 4nesia. 4nesia merupakan tim start up, dimana jumlah anggotanya sebanyak tujuh orang dan semuanya masih berstatus pelajar/mahasiswa di Telkom University merupakan salah satu kampus IT di Bandung Jawa Barat. Uniknya anggota tim 4nesia ini semuanya merupakan orang asli Kab. Wajo yang merantau ke Bandung dengan misi mencari Ilmu dan mengembangkan skill di bidang IT. Pendiri atau biasa disebut CEO dari start up 4nesia, bernama Andi Agus Salim, sebelumnya Andi juga pendiri organisasi KBW(Komunitas Blogger Wajo) tahun 2011-sekarang. Berikut profil tujuh Developer tim 4nesia :
  1. Andi Agus Salim (Chief Executive Officer)
  2. Alfian Hidayat (Developer Manager)
  3. Muhammad Yusuf M (Graphic Designer)
  4. Arian Nurrifqhi (Web Developer)
  5. Muhammad Ridwan (Creative Writer)
  6. Lutfhi Fadlullah (Marketing & SEO specialist)
  7. Radhiansyah (Security System & Network)
Portal Wajo merupakan project pertama yang dibuat oleh tim developer 4nesia dan bekerjasama dengan Pemkab Wajo. Aplikasi yang berbasis android dan web tersebut diperkirakan rilis bersamaan HUT Wajo pada 29 Maret 2016. Setelah menyinggung sedikit informasi tentang para developer 4nesia. Sekarang mari kita bahas tentang hasil project yang dibuat oleh para developer 4nesia mulai dari kinerja sistem, tujuan, target user dan strategi bisnis.

1. Kinerja Sistem

Aplikasi Portal Wajo yang diciptakan oleh tim 4nesia ini memiliki dua basis yaitu android apps, dan web. Bahasa yang digunakan untuk basis android apps adalah java android melalui tools android studio. Sedangkan Portal Wajo yang berbasis web-nya di design dengan bahasa tag HTML, dengan framework menggunakan bahasa PHP dan json sebagai penghubung data antara web dengan aplikasi android-nya. Aplikasi android yang terintegrasi dengan websitenya sehingga data informasi yang diunggah ke webstie Portal Wajo otomatis akan terupdate di versi androidnya. Sehingga untuk menambah konten yang ada di versi android Portal Wajo, admin cukup mempublish konten yang di buat di webstie Portal Wajo.

2. Tujuan Aplikasi

Berdasarkan ide dan gagasan dari tim 4nesia. Aplikasi ini dibuat dengan berbagai tujuan, dan berikut penjelasannya:
  • Membentuk masyarakat Wajo yang terintegrasi dengan teknologi
  • Mempromosikan hal-hal  menarik (Wisata, Kuliner, Pemerintahan, Pendidikan, dll)  di Kabupaten wajo pada masyarakat luar.
  • Memudahkan akses informasi, media publikasi, dan akses data penduduk bagi masyarkat Wajo dan Pemerintah Kab Wajo.
  • Menjadikan aplikasi sebagai lahan bisnis bagi masyarakat Wajo.
  • Membentuk masyarakat yang produktif melalui aplikasi ini.
  • Sebagai permulaan terciptanya Smart City di Kab Wajo.

3. Target User

Aplikasi yang dikembangkan oleh tim 4nesia ditarget untuk masyarkat umum baik masyarakat Wajo maupun luar daerah. Aplikasi ini dikembangkan dengan design User Interface dan User Experience dengan baik, demi mencapai target user yang sesuai harapan. Selain itu, untuk mengakses aplikasi ini, hal perlu diketahui sebagai user adalah pengalaman dalam mengakses aplikasi yang tehubung dengan internet seperti aplikasi sosial media (facebook, twitter, path, pinterest, linked in, instagram, dll).

4.Strategi Bisnis

Selain bertujuan untuk kemudahan akses informasi bagi masyarakat Wajo, aplikasi ini juga dibuat dengan adanya strategi bisnis dimana dalam aplikasi Portal Wajo terdapat fasilitas layanan jual beli. Fasilitas yang ditambahkan oleh tim developer bertujuan untuk pendapatan tim developer. Cara kerjanya seperti aplikasi e-commerce lainnya seperti traveloka, tokopedia, bukalapak, olx, dll. Jadi para pedagang bisa mempromosikan barang dagangannya di layanan tersebut dengan dikenakan biaya sewa perbulannya.
Gambar2. Portal Wajo Android apps on Google Play Store

Jadi jika kalian penasaran bagaimana panorama di Kab Wajo, kalian bisa mengunduh aplikasinya di google playstore dengan keyword Portal Wajo. Mudahkan akses anda melalui aplikasi Portal Wajo "Satu Tempat Untuk Semua Kebutuhan".


Artikel Terkait

Jelajahi Wajo dengan Aplikasi Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar