Saturday, August 5

Mari Ramaikan Acara Tahunan Kota Sengkang Festival Danau Tempe


Danau tempe yang teletak di kota Sengkang Provinsi Sulawesi Selatan memang menyimpan beragam keunikan. Mulai dari keindahan pesonanya hingga sumber kehidupan dari hasil perikanan air tawar yang melimpah.
Di lain sisi, danau seluas 350 km2 juga dijadikan sebagai ikon daerah, sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung. Hal yang menjadi daya tarik lainnya terdapat rumah terapung yang dihuni oleh warga setempat. Rumah yang dibangun di atas danau itu benar-benar terapung yang ditopang oleh beberapa batang bambu. Untuk sampai di rumah terapung itu, wisatawan cukup membayar sewa perahu sekitar 80-100 rb Rupiah.

Berbicara dengan salah satu objek wisata kota Sengkang ini, selama 10 hari (1 Agustus 2017  - 10 Agustus 2017) diadakan festival danau tempe. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Wajo dan bertujuan untuk menyambut HUT RI yang ke 72. Festival untuk tahun ini berpusat di kompleks rumah adat Atakkae (2 Km dari pusat kota). 



Di dalam festival, terdapat banyak stand tenda dari instansi-instansi kedinasan Kabupaten Wajo dan kalian bisa melihat karya-karya yang dipamerkan dari setiap instansi. Seperti dari dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Wajo (BPBD), memamerkan hasil kerja hingga rencana pengembangan aplikasi berplatform mobile android. Aplikasi yang dikembangkan oleh tim IT 4nesia bertujuan untuk memudahkan masyarakat setempat dalam menyampaikan informasi bencana hingga panduan penanggualangannya.  Disamping itu ada juga organisasi masyarakat dan instansi non-dinas juga turut meramaikan pameran tersebut. Untuk orang tua yang memiliki anak, bisa membawa anaknya untuk datang ke festival karena panitia juga menyediakan stand untuk hiburan seperti komedi putar, rumah balon, dsb. Sehingga anak-anak juga akan merasa puas dan senang datang ke festival ini. 



Di tengah kompleks pameran terdapat panggung utama, yang akan menampilkan pentas seni baik itu nyanyi solo, seni tari, atraksi daerah, dan masih banyak lagi. Akan tetapi kegiatan pementasan tersebut hanya dilakukan pada malam harinya. Acara yang diselenggarakan setiap tahun ini, menurut Kepala Dinas Pariwisata (Bpk. Andi Darmawangsa), "Tujuan acara ini diharapkan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun dari luar daerah". Disamping dalam acara ini pula juga memperkenalkan ini loh kebudayaan khas dari Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan.

Nah, jika anda berada di daerah Sengkang atau luar daerah yang ingin mengunjungi festival ini, bisa mengajak rekan-rekan atau keluarga tercinta untuk datang ke acara Festival Danau Tempe mulai tanggal 1 Agustus 2017 sampai 10 Agustus 2017. 

Artikel Terkait

Mari Ramaikan Acara Tahunan Kota Sengkang Festival Danau Tempe
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email