Sunday, November 13

Skill Programmer yang Paling Dicari Perusahaan


Berbicara dengan dunia IT pasti tidak asing lagi mendengar kata programmer. Programmer merupakan profesi dibidang IT yang membangun atau mengembangkan suatu aplikasi dengan bahasa pemrograman tertentu. Banyak orang yang bertanya, "Apakah menjadi seorang programmer itu susah?".
Jawabannya adalah susah-susah gampang. Kenapa dikatakan susah-susah gampang karena, hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang programmer, itu adalah skill dalam menguasai bahasa pemrograman, ketika terdapat satu baha pemrograman hal tersebut akan terasa mudah untuk membuat program di platform tertentu.

Perkembangan industri di Indonesia sangat pesat, sehingga banyak tenaga kerja di bidang IT yang dicari khususnya programmer, untuk memudahkan proses kegiatan bisnis perusahaan tersebut. Merekrut seorang programmer tidaklah mudah karena, perusahaan harus memilah setiap programmer, yang memiliki skill yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Jadi skill programmer apa yang paling dicari oleh perusahaan-perusahaan sekarang? Berikut penjelasannya

1. Java

Programmer Java, banyak dicari oleh perusahaan baik dibidang IT maupun bukan. Karena, kebanyakan perusahaan memiliki aplikasi penunjang kerja pegawai industri menggunakan bahasa Java. Java juga merupakan bahasa pemrograman yang populer dan bisa dikatakan mudah digunakan, karena bersifat Pemrograman Berorientasi Objek. Penggunaan bahasa java banyak diterapkan di aplikasi desktop windows, dan aplikasi berbasis android.

2. Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang termasuk OOP. Programmer Python sekarang sudah  banyak, karena bahasa pemrograman phyton lebih mudah dipelajari dibanding bahasa java. Tetapi di negeri ini, masih terbilang minim. Sehingga banyak programmer python dicari oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia . Secara umum bahasa python biasanya digunakan untuk membuat aplikasi desktop dan ada juga yang menggunakannya untuk membangun back-end website.

3. Javascript

Javascipt dan java merupakan bahasa yang diciptakan dari satu perusahaan, tetapi kedua bahasa ini memiliki perbedaan dalam penerapannya dalam membangun aplikasi. Javascript bisa dikatakan agak susah dikuasai, sehingga banyak perusahaan yang mencari programmer yang bisa menguasai bahasa tersebut. Javascript biasa digunakan untuk membangun sebuah front-end sebuah website.

4. HTML dan CSS

HTML dan CSS, merupakan bahasa pemrograman untuk desain antarmuka website, dan pada umumnya HTML dan CSS biasa dikatakan bahasa tag. Karena sifatnya hanya untuk penanda suatu program yang akan ditampilkan secara visual. Bahasa tersebut perlu dikuasai kedua-duanya karena bersifat saling melengkapi. Seorang programmer, yang menguasai bahasa tag tersebut juga banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Untuk analogi sederhanya HTML merupakan ibarat kerangka dari suatu bangunan standar tanpa cat dan semen halus, sedangkan CSS adalah cata warna dan semen halus dari bangunan tersebut.

Sebenarnya masih banyak bahasa pemrograman yang ada di muka bumi dan dibutuhkan oleh perusahaan tetapi, mrtekno hanya merangkum yang sering dicari oleh perusahaan saat open job. Jadi dari keempat bahasa pemrograman di atas, termasuk yang manakah anda?  Jika ada tambahan, kritik, dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih


EmoticonEmoticon