Thursday, January 4

Inilah Perbedaan Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi


Bagi siswa-siswi SMA yang masih awam terhadap teknologi dan ingin mengenyam bangku kuliah bidang IT terkadang menghadapi masalah bimbang dalam pemilihan jurusan. Karena kurangnya informasi yang ditangkap atau sekedar memilih karena melihat dari sisi tingkat kepopuleran jurusan tersebut. Dibangku perkuliahan yang berkaitan dengan ilmu teknologi terdapat jurusan teknik informatika dan sistem informasi. Banyak yang berpendapat bahwa kedua jurusan ini sama saja, yaitu belajar tentang IT.
Tetapi apabila ditinjau secara spesifik kedua jurusan ini sangat berbeda, apa aja yang membedakan jurusan ini? Dari nama ejaan kita sudah melihat perbedaannya walaupun masih abstrak. Dari sisi fokus pembelajaran dan pendalaman materi kuliah, teknik informatika dan sistem informasi memiliki banyak perbedaan meskipun adapula matakuliah yang sama-sama harus dipelajari.

Teknik Informatika

Teknik Informatika atau biasa disebut computer science, merupakan jurusan yang berfokus pada teknikal dalam implementasi logika algoritma dan analisis ke dalam pengembangan perangkat lunak. Salah satu contohnya adalah materi pembelajaran artificial intellegence adalah matakuliah yang terdapat pada jurusan ini. Suatu matakuliah yang membahas bagaimana seorang developer mengimplementasikan logika algoritma ke dalam kodingan sehingga tercipta suatu program kecerdasan buatan. Jurusan teknik informatika yang cukup luas dalam teknikal IT bisa juga terkait pada integrasi hardware dengan software melalui jaringan internet atau yang disebut Internet of Things (IoT). Selain itu dalam jurusan ini perlu adanya skill dalam menghitung dikarenakan proses pengembangan software perlu adanya pemodelan matematis yang akurat demi mencapai proses pengembangan perangkat lunak yang baik. 

Sistem Informasi

Pada jurusan Sistem Informasi, sebenarnya juga dituntut mempelajari dasar-dasar dalam teknikal IT seperti logika pemrograman dan pemodelan arsitektur sistem, walaupun materi teknikal yang dipelajari tidak begitu dalam seperti mempelajari artificial intellegence. Keunikan dari sistem informasi adalah, jurusan ini juga mempelajari dasar-dasar dalam ilmu manajemen bisnis. Sehingga jurusan ini biasa dikenal gabungan antara teknik informatika dengan manajemen bisnis. Maka dari itu tak bisa dipungkiri, mahasiswa lulusan ini berpeluang menjadi seorang technopreneur yang handal. Karena dalam jurusan mempelajari dua bidang sekaliguns (IT dan bisnis) sehingga jurusan ini dapat mengimprove mahasiswa yang memiliki minat tinggi menjadi seorang leader seperti Chief Office Manager (CEO) ataupun Project Manager. Hal tersebut dikarenakan fokus pembelajaran dalam jurusan sistem informasi ini bagaimana cara menjadi seorang yang ahli dan paham dalam teknikal teknologi informasi dan me-manage waktu serta anggota-anggotanya, demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Dari penjelasan yang cukup ringkas dan sederhana di atas mudah-mudahan bisa menjadi informasi tambahan bagi pembaca. Walaupun jurusan tersebut sama-sama fokus dibidang IT, anda sebagai siswa yang segera mengenyam bangku perkuliahan bisa lebih mengenali lebih dekat agar menghindari problematika salah pilih jurusan. Dan pilihlah jurusan yang engkau minati dan sesuai dengan passion yang kamu miliki saat ini.


Artikel Terkait

Inilah Perbedaan Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

2 February 2018 at 20:16 delete

Terima kasih bermanfaat artikelnya! visit ya http://agazaki.blogspot.co.id/

Reply
avatar