Saturday, September 2

Cara Cepat Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word



Di setiap dokumen seperti makalah penelitian, laporan, paper, dan sejenisnya, pasti terdapat yang namanya daftar pustaka atau bibliography. Apa sih daftar pustaka itu? Dan seberapa pentingnya daftar pustaka perlu ada di dalam dokumen penelitian?
Daftar pustaka merupakan daftar yang mengandung semua sumber yang digunakan dalam proses pembuatan dokumen penelitian. Secara umum daftar pustaka biasanya berisi beberapa identitas penting seperti nama penulis, judul karya, nama dan lokasi perusahaan yang menerbitkan salinan sumber, tanggal salinan, dan nomor halaman sumber.

Daftar pustaka merupakan bagian yang wajib dicantumkan pada dokumen penelitian, karena hal tersebut sudah di tetapkan sebagai aturan penulisan dokumen di berbagai lembaga pendidikan. Pentingnya menyantumkan daftar pustaka ini untuk menghindari kasus plagiarisme, sebab telah banyak peneliti atau mahasiswa yang sedang menjalani skripsi, gagal lulus karena terkena kasus plagiarisme yang mungkin disebabkan tidak mencatumkan sumber atau format penulisan daftar pustaka yang salah. Berbicara tentang format penulisan daftar pustaka, mungkin sudah sering di ajarkan mulai dari SMP hingga perguruan tinggi. Akan tetapi tak banyak orang yang bisa menghafal seluruh format penulisan daftar pustaka. Dan kita tahu, di setiap lembaga pendidikan juga memiliki format penulisan daftar pustaka yang juga berbeda-beda, walaupun kelihatannya hampir sama saja.

Dalam artikel ini akan memberikan sedikit informasi bagaimana cara membuat daftar pustaka otomatis. Jadi anda tidak perlu repot-repot mengingat dan menulis format penulisan daftar pustaka. Karena di software microsoft word telah menyediakan fitur untuk meng-create daftar pustaka otomatis.

Sebelumnya, dalam website ini sudah membahas tentang cara membuat daftar isi otomatis di mirosofot word. Jika anda belum membacanya silahkan klik link aktif di bawah

Cara Membuat Daftar Isi dan Daftar Gambar Otomatis di Word

Langkah-langkah membuat sebuah daftar pustaka otomatis, hampir sama dengan membuat daftar isi otomatis. Simak langkah-langkahnya di bawah ini .

Langkah Pertama- Hal pertama yang dilakukan pastikan dokumen word anda sudah terbuka. Setelah itu buat halaman kosong baru pada lembar kerja word anda untuk menampung daftar pustakanya.

Langkah Kedua- Selanjutnya, buka tab References dan atur terlebih dahulu tipe penulisan daftar pustaka yang akan di buat, anda bisa mengaturnya pada menu bar citations & bibliography. Atau lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah. (Misalnya menggunakan style IEEE). Tentukan tulisan yang mana yang anda anggap sebagai kutipan atau berasal dari sumber referensi.

Langkah Ketiga- Ketika sudah ditentukan, kemudian pilih menu Insert Citations masih dalam tab References, lalu pilih Add new source... . Akan muncul pop up jendela seperti gambar di bawah.

Menu Citations and Bibliography


Langkah Keempat- Pada bagian Type of Source, berisi jenis-jenis sumber referensi yang diperoleh seperti paper ilmiah, journal, artikel, website, buku, dan banyak lagi. Kemudian anda bisa menyesuaikan isi kolom text di bawahnya, nanti sistem akan secara otomatis menyimpan sumber referensi yang anda input barusan.

Langkah Kelima- Hal yang terakhir, adalah membuat daftar pustaka pada halaman kosong. Untuk membuat daftar pustaka dari kutipan yang telah ditandai sebelumnya cukup mudah. Tak jauh dari dari tombol insert citations, anda cukup memilih dan menekan tombol bibliography , maka akan muncul drop down list model daftar pustaka sesuai dengan keinginan anda. Lalu pilihlah salah satu model yang diinginkan, dan hasilnya secara otomatis daftar pustaka anda telah jadi.

Contoh Hasil Daftar Pustaka

Setelah anda berhasil membuat daftar pustakanya, anda hanya cukup mengupdatenya sewaktu-waktu apabila terdapat penambahan data.


Artikel Terkait

Cara Cepat Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email