Tuesday, August 29

Penyebab Lampu Indikator Baterai Laptop Terus Berkedip



Fungsi lampu indikator pada laptop untuk menampilkan kondisi laptop saat dioperasikan. Ada beberapa kondisi yang biasa ditemukan seperti status power (on/off), baterai, capslock, connection, dan data memory.
Pernahkah kalian menemukan atau mengalami masalah kondisi lampu indikator baterai yang berkedip saat di charge? Biasanya permasalahan ini bisa terjadi di semua merk laptop. Dan ada beberapa kemungkinan penyebab yang bisa anda analisis terlebih dahulu sebelum menentukan secara pasti. Berikut penjelasannya,

Driver Baterai Tidak Compatible

Driver merupakan perangkat lunak yang penting dan sangat berpengaruh terhadap hardware laptop. Dan pada bagian driver batterai bisa jadi salah satu penyebab berkedipnya laptop saat charging. Ada dua kemungkinan cara untuk mengatasi apabila  itu benar terjadi, yaitu anda cukup mengembalikan versi driver baterai ke versi yang lama atau mengupdate driver yang ke versi terbaru. Bagaimana langkah-langkahnya? cukup tekan kombinasi keyboard (Windows + X) kemudian pilih menu Device Manager, setelah itu anda pilih Batteries, kemudian expand menunya dan buka properties masing-masing submenu batteries dengan cara klik kanan. Setelah itu akan muncul pop up jendela, selanjutnya pilih menu tab driver. Akan muncul lagi pop jendela tambahan seperti gambar di bawah.

Updating Driver


Di situ anda bisa melihat versi driver baterai anda, kemudian anda bisa mengupdate driver atau mengubahnya ke versi sebelumnya. Jika, anda mencoba mengupdate dan menemukan pesan bahwa update driver telah versi terbaru, berarti coba lakukan Roll Back Driver. Apabila tombol Roll Back Driver dalam kondisi disable, berarti driver bukan penyebabnya.

Baterai Over Heat

Bagian ini juga bisa menjadi kemungkinan kuat penyebab lampu indikator baterai berkedip, karena baterai laptop yang selalu dalam kondisi charging, sehingga aliran listrik menumpuk dan menghasil panas. Dan lama kelamaan baterai laptop mengalami overheat dan berpengaruh pada lampu indikator laptop. Kondisi biasa ditemukan di berbagai merk laptop. Untuk cara mengatasinya, anda bisa mematikan laptop anda terlebih dahulu dan cabut baterai laptop dan diamkan beberapa menit sampai benar-benar dingin. Setelah itu coba pasang kembali baterainya, dan anda bisa melihat perubahannya. Jika lampu indikator berhenti berkedip, maka bisa disimpulkan bahwa baterai laptop over heat merupakan penyebabnya.

Charger yang Tidak Cocok

Poin ke tiga ini, bisa berhubungan dengan poin sebelumnya, karena penyebab baterai laptop panas karena kurang cocoknya charger yang digunakan, seperti menggunakan charger laptop yang bukan dari bawaanya atau merknya berbeda. Cara mengecek, jika charger merupakan biang kerok permasalahan ini, adalah cukup cari charger laptop teman, kerabat, atau keluarga yang memiliki charger sesuai merk laptop anda. Anda bisa mengeceknya dan membandingkan menggunakan charger yang sebelumnya dengan charger yang sesuai laptop anda. 

Mungkin itu saja beberapa kemungkinan penyebab berkedipnya lampu indikator baterai laptop. Jika, diantara ketiga kemungkinan di atas bukan penyebabnya, satu-satunya jalan untuk mengatasinya adalah, laptop anda perlu dibawa ke kantor service resmi dan memberitahukan masalahnya secara detail.


Artikel Terkait

Penyebab Lampu Indikator Baterai Laptop Terus Berkedip
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email