Sunday, August 6

Panduan Penulisan Laporan Kerja Praktek Informatika



Kalian yang merasa mahasiswa yang sudah memasuki semester 6 atau menjelang tingkat akhir, pasti akan merasakan yang namanya Kerja Praktek (KP) atau bahasa kecenya Internship. Khususnya di jurusan Informatika, yang membahas segala ruang lingkup teknologi, sehingga jurusan ini paling banyak diburu perusahaan dan membuka lowongan kerja praktek bagi yang berminat.

Tujuan diadakan kegiatan ini, pasti tak lepas dari keuntungan dari beberapa pihak, yang pertama dari sisi perguruan tinggi, bisa menunjukkan kualitas mahasiswanya. Dari sisi mahasiswa itu sendiri, bisa mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dari hasil belajar di ruang kuliah. Dan dari sisi perusahaan yang menerima mahasiswa KP, otomatis untuk memperkenalkan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri, selain itu perusahaan yang menerima mahasiswa intern itu juga memperoleh tenaga kerja tambahan secara percuma.

Sebagai mahasiswa informatika pasti tak hanya sampai di kegiatan KP saja, akan tetapi perlu adanya laporan yang harus di kumpulkan dan dipresentasikan kepada dosen pembimbing akademik. Mungkin banyak mahasiswa yang masih bingung tentang aturan atau tata cara penulisan laporan Kerja Praktek. Untuk penjelasannya bisa di simak di bawah ini:

Ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan dalam penulisan laporan yaitu:
  1. Sampul laporan
  2. Lembar pengesahan (Opsional)
  3. Daftar isi
  4. Isi laporan
  5. Daftar pustaka
  6. Lampiran (Opsional).
Mari mulai dari format sampul laporan. Hal yang pertama dilihat oleh dosen pembimbing adalah sampul/cover, karena sampul ini bisa jadi merupakan hal yang penting dinilai. Kita tidak boleh menganggap pembuatan sampul ini, sebatas pembatas saja. Kita tahu, bahwa sampul berisi informasi identitas kita dan judul dari laporan yang dibuat.

Contoh format sampul laporan KP


Yang kedua adalah bagian lembar pengesahan, bagian sebenarnya bersifat opsional dan tergantung dari kebijakan kampus masing-masing. Akan tetapi, jika ditambahkan akan lebih baik, dan mungkin menjadi nilai plus dari dosen pembimbing. Selanjutnya yang ketiga adalah daftar isi, sebagai mahasiswa informatika pasti sudah tahu cara membuat daftar isi otomatis di microsoft word. Maka anda tidak akan perlu mengedit halaman di daftar isi secara manual. Yang keempat adalah Isi Laporan, yang sangat menentukan hasil kerja praktek anda ditulis dalam laporan bagian ini. Isi laporan di sini terbagi Empat Bab, yang pertama adalah Pendahuluan , Tinjauan Teori, Pelaksanaan Kerja Praktek dan Penutup.

  1. Bab 1 pendahuluan, bisa diisi beberapa subbab seperti latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, dan waktu dan tempat kerja praktek.
  2. Bab 2 Tinjauan Teori, berisi beberapa ringkasan teori yang bisa diperoleh dari berbagai sumber baik itu dari buku, atau internet. Jika anda menggunakan internet, sebaiknya jangan menggunakan sumber website/blog yang abal-abal. Karena keabsahan informasi belum tentu benar. Dalam bab ini juga kalian merangkum, penjelasan yang anda dapat dari sumber manapun dan yakin teori tesebut menunjang saat pelaksanaan kegiatan kerja praktek kalian.
  3. Bab 3 Pelaksanaan Kerja Praktek, diisi segala aktivitas yang anda lakukan selama kegiatan kerja praktek. Anda bisa membuatnya dalam format tabel biar informasi yang disampaikan lebih jelas dan rinci.
  4. Bab 4 Penutup, berisi subbab berupa kesimpulan dan saran anda terhadap kegiatan kerja praktek yang dilakukan. Selain itu dalam bagian saran juga bisa diisi tentang kekurangan dalam kegiatan KP atau dalam penjelasan dari laporan yang anda buat.

Untuk yang keempat adalah Daftar Pustaka, berisi daftar sumber yang dijadikan dasar dari pembuatan laporan ini, sumber teori yang diperoleh pada bagian tinjauan teori juga dimasukkan ke dalam bagian daftar pustaka. Untuk format penulisan daftar pustaka bisa dilihat di bawah ini

  • Sumber dari buku/jurnal : Nama belakang nama depan,"Judul buku/jurnal", Penerbit, Daerah penerbit, tahun terbit, jumlah halaman.
  • Sumber dari internet: Nama website, Judul artikel, tahun post. [Online], Available: link artikel [Accessed (tgl akses)].

Dan bagian terakhir adalah lampiran, untuk bagian ini bersifat opsional. Anda bisa memasukkan gambar pelaksanaan kegiatan KP baik itu berupa foto kegiatan, struktur organisasi perusahaan, atau screenshoot project aplikasi (jika kerja praktek anda proyekan). 

Mungkin itu saja sedikit informasi panduan penulisan laporan kerja praktek untuk jurusan informatika. Untuk jurusan yang juga mengena terhadap pengetahuan teknologi mungkin bisa mengikuti format yang admin bagikan.

Artikel Terkait

Panduan Penulisan Laporan Kerja Praktek Informatika
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email