Thursday, August 3

Cara Mengatur Format Warna CMYK dan RGB di Adobe Illustrator


Warna merupakan hal yang bisa dianggap bermanfaat dalam kehidupan manusia. Banyak pula warna dijadikan sebagai simbol di berbagai belahan dunia. Disetiap bidang seperti ilmu desain sangat dekat dengan pengetahuan tentang teori warna.
Kita ketahui bahwa terdapat tiga warna dasar yang ada yaitu merah, kuning, dan biru. Ketiga warna tersebut bisa menurunkan warna yang baru lagi dan lebih beragam.

Dalam ilmu desain grafik penting untuk mengetahui jenis-jenis warna dan bagaimana menggunakan warna yang tepat. Terdapat dua jenis color mode (format warna) yang dapat dijumpai saat melakukan desain, yaitu RGB dan CMYK. Apasih perbedaan dari kedua format warna itu?

RGB merupakan singkatan dari Red-Green-Blue, ketiga warna dasar ini merupakan primary color yang dijadikan landasan secara universal. Dalam mode RGB kita mudah untuk melihat dan mengatur kode warna yang digunakan, sebagai contoh warna putih memiliki kode #FFFFFF . Sedangkan untuk mode CMYK merupakan singkat dari Cyan-Magenta-Yellow-Black. Keempat warna itu pada umumnya sering digunakan dalam kegiatan percetakan (digital printing).

Secara garis besar kedua format warna tersebut memiliki tujuan masing-masing dalam penggunaanya. Bagaimana cara mengubah atau mengatur format warna dalam aplikasi adobe illustrator? Secara jelas bisa dilihat langkah di bawah ini

Jika anda masih newbie dalam menggunakan adobe illustrator, memang akan terasa sulit untuk menemukan tata letak dan fungsionalitas tombol pada aplikasi tersebut. Pentingnya kita mengatur format warna dalam aplikasi ini tergantung tujuan seorang desainer apakah hanya untuk menampilkan secara digital atau untuk dicetak dalam bentuk fisik. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan atau berdasarkan gambar di bawah.

Untuk contoh ini menggunakan adobe illustrator versi CC 2017 semua versi adobe illustrator secara umum hampir mirip.Sebagai  langkah awal apabila lembar kerja adobe illustrator telah muncul klik header tab File  -> Pilih Document Color Mode -> Pilih RGB atau CMYK sesuai keinginan.



Pengaturan itu juga berlaku pada adobe photoshop versi apapun, meskipun kedua aplikasi tersebut berbeda basis, yaitu vector dan pixel. Akan tetapi format warna CMYK dan RGB tetap berlaku pada kedua aplikasi itu. Begitupula pada aplikasi berbasis vektor Corel Draw yang mirip dengan adobe illustrator.

Artikel Terkait

Cara Mengatur Format Warna CMYK dan RGB di Adobe Illustrator
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email