Sunday, July 30

Wajah Generasi Baru Blogger Wajo Pada Reborn Wajo 2017



Semangat Antusiasme peserta dari berbagai sekolah di Kabupaten Wajo telah tercermin dalam acara yang diadakan  dalam dua hari (29-30 Juli 2017). Terdapat beberapa narasumber kece yang menjadikan acara bertajuk Netizen Berbudaya dan Smart City ini berjalan dengan seru dan bermanfaat.

Selain memperoleh softskill dari segi pengetahuan umum  peserta juga bisa memperoleh hardskill dibidang pembuatan dan pengembangan website dinamis  yang dilakukan pada hari ke-dua . Dimana custom cms dan domain web disponsori oleh perusahan domain Indonesia (Pandi). Acara ini diadakan di Nacana Coffee (Jl. Lembu, Sengkang) dan dihadiri sekitar 60 Peserta SMA dan SMK di Kabupaten Wajo.


Di sela-sela pemaparan materi oleh narasumber, panitia juga mengadakan games kahoot, merupakan game quiz, dimana pemain hanya perlu menjawab soal-soal yang disediakan secara cepat dan tepat. Kegiatan games ini hanya intermezzo bertujuan untuk menghilangkan ketegangan peserta . Tak hanya sampai situ, panitia juga menyediakan hadiah souvenir menarik sebagai imbalan terhadap peserta yang aktif dalam acara.



Panitia penyelenggara telah merancang acara Regenerasi Blogger Wajo 2017 (REBORN) penuh dengan keseruan, serta menyesuaikan dengan lingkungan peserta. Adapun rundown acara hari pertama dan kedua sebagai berikut,

First Day

Hari pertama REBORN WAJO 2017, diisi oleh tiga narasumber yaitu Chaerul Avif selaku perwakilan dari perusahaan Pandi (Soscom Pandi). Beliau menyampaikan materi awal serta pengenalan ke para peserta tentang apasih pengertian blog itu? Selanjutnya narasumber kedua merupakan KANIT TIPIDTER Polres Wajo Bpk, Andi Irvan yang membawakan materi tentang Internet Sehat serta Undang-undang yang mengatur penggunaan dunia maya. Dan narasumber terakhir di hari pertama yaitu Hendra, yang memiliki profesi sebagai reporter salah satu pertelivisian nasional. Beliau menceritakan pengalamannya menjadi seorang jurnalis dan prinsip melakukan broadcasting. Beliau juga sempat menjelaskan teknik penggunaan kamera serta pengambilan gambar sesuai dengan kondisi yang baik sehingga menghasilkan video dengan kualitas yang tinggi.

Penyerahan Souvenir Terhadap 3 Peserta Aktif oleh Chaerul Avif


Second Day

Hari kedua REBORN WAJO 2017, merupakan hari dimana peserta melakukan praktik langsung membuat website, yang dipandu oleh Mas Chaerul Avif dan para panitia penyelenggara, sebelumnya para peserta telah diberikan email khusus dari komunitas blogger wajo. Mas Avif, memandu para peserta mulai dari proses pendaftaran NIK hingga blog yang dibuat benar-benar jadi dan siap digunakan. Setelah proses pembuatan blog telah rampung, maka pada sesi kedua diadakan kompetisi pembuatan artikel dengan tema yang telah ditentukan sebelumnya. Peserta dikelompok secara acak dan disupport untuk saling berdiskusi mengenai isi konten yang akan dimasukkan ke dalam blog. Poin penting yang dinilai dalam pembuatan artikel  adalah keunikan konten dan bersifat natural dari hasil pemikiran para peserta bukan dari hasil copypaste ataupun rewrite content.

Penyampaian Materi Penutup oleh Bpk Mohammad Ridwan Angka


Sebelum kompetisi tersebut berlangung terdapat sedikit penyampaian materi tentang Kearifan Lokal oleh Bpk. Andi Munawar. Sebagai pencerahan kepada peserta mengenai konten yang akan diisi dalam blognya. Acara yang ditutup oleh Bpk H. Mohammad Ridwan Angka yang merupakan seorang Tokoh Pendidikan di Kab Wajo. Diakhir acara beliau menyampaikan pesan yang penuh makna bagi generasi-generasi muda untuk terus berkarya dan belajar dengan tekun. Beliau juga berpesan bahwa pendidikan yang diperoleh tak hanya disimpan dalam kepala akan tetapi perlu untuk menerapkan dilingkungan sehari-hari. 

Acara yang diselenggarah dua hari berturut ini, meskipun melelahkan tetapi terdapat besar manfaat yang diperoleh bagi peserta-peserta yang antusias dan akan menjadi generasi penerus Komunitas Blogger Wajo.

Artikel Terkait

Wajah Generasi Baru Blogger Wajo Pada Reborn Wajo 2017
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email