Monday, July 31

Ini Perbedaan User Interface dan User Experience



Orang-orang yang bergelut dibidang IT khususnya pengembangan produk aplikasi baik dalam platform mobile ataupun desktop, pastinya pernah mengenal kata UI dan UX.
Kedua hal itu sekilas hampir mirip, akan tetapi dari segi definisi dan penerapannya sangatlah berbeda. User Interface (UI) dan User Experience (UX) bisa saling berhubungan, ibarat body mobil dengan bannya apabila saling melengkapi maka goals yang diharapkan bisa terwujud.

Nah dalam artikel ini akan membahas sedikit tentang dasar UI dan UX agar pembaca yang masih belum terlalu mengenal bidang IT bisa bermanfaat dan dimengerti.

User Interface Design

Pengertian User Interface Design (UID), menurut Alex Fodorov (Director UX at Fresh Tilled Soil) "User interface merupakan proses dalam membuat dan menciptakan sebuah bahasa visual dan hirarki yang memungkinkan seseorang untuk menggunakan dan melibatkan suatu aplikasi". Jadi secara umum prinsip User Interface itu berfokus pada visualisasi dari suatu tampilan produk aplikasi baik itu dalam platform mobile atau desktop. Dimana keunikan dan keindahan merupakan suatu hal yang penting diterapkan. Biasanya produk dihasilkan User Interface Design adalah sebuah prototype/mockup dari produk aplikasi. Tools/software apa yang digunakan oleh seorang UI Designer dalam membuat produknya?

Wireframe User Interface


Kita tahu bahwa sudah banyak software-software yang menyediakan jasa dalam memudahkan segalah aktifitas manusia, sehingga dalam bidang ini sekalipun juga telah tersedia. Tak jauh dari software yang biasa digunakan oleh desainer fanart, wpap, vector yang secara umum digunakan oleh masyarakat. Begitu pula seorang UI designer juga menggunakan software yang sama dengan desainer lainnya, walaupun terdapat software yang lain dan lebih khusus memberikan fungsionalitas yang mendukung kebutuhan seorang UI Designer sperti Adobe XD, JustInMind Prototyper, Mocking Ninja, Balsamiq, dll.


User Experience Design

User Experience Design (UXD) merupakan desain kontekstual, yang bermakna sebuah proses dalam merancang sebuah produk dengan mempertimbangkan kepuasan dan kebiasaan pengguna, demi memperoleh aksesbilias dan kegunaan produk yang optimal. Seorang UX Designer perlu melakukan research terlebih dahulu terhadap calon pengguna aplikasi yang akan dibuat. Hasil riset dan observasi itu akan diolah sehingga menjadi sebuah analisis baru dan diterapkan dalam sketch wireframe.

UX is not UI


Prinsip UX sebetulnya meliputi cakupan yang cukup luas dibandingkan dengan UI. Karena User Experience bisa meranah ke dalam pembuatan user interface. Sehingga UX sangat memiliki peranan penting dalam proses pengembangan aplikasi. Banyak juga orang menganggap UX merupakan bagian dari UI karena dilihat dari ruang lingkup UX juga termasuk dalam prototyping dengan mempertimbangkan beberapa aspek dari hasil riset.

Menjadi seorang UX Designer sebetulnya tidak semudah yang diperkirakan, karena dalam pembuatan aplikasi, UX merupakan penentu arah development hingga aplikasi tersebut benar-benar jadi. Setelah itu perlu adanya testimonial terhadap user, bertujuan untuk memperoleh feedback dari user demi pengembangan aplikasi selanjutnya.

Artikel Terkait

Ini Perbedaan User Interface dan User Experience
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email