Friday, March 18

Rangkuman Jenis-Jenis Disk

Disk merupakan sebuah media penyimpanan yang terpasang pada laptop/komputer dan bersifat permanen. Disk juga bisa dikatakan jenis main memory, karena mampu menyimpan data informasi ataupun berupa konstruksi. Meskipun bukan hanya disk yang merupakan main memory satu-satunya, tetapi disk sering digunakan dan populer dikalangan umum. Karena disk memilih kelebihan tersendiri sehingga banyak menggunakan disk. Salah satu kelebihannya adalah kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh disk lebih besar dibanding main memory lainnya seperti charge-coupled device, josepshon junction,dll.

Dalam perkembangan teknologi, sebagai salah satu main memory ini telah di kembangkan dan semakin canggih dan dipasang dengan kapasitas penyimpanan yang relatif besar. Sehingga pada era sekarang bisa dikatakan sebagai era Big Data. Oleh karena itu disk memiliki berbagai jenis, baik fisik, kapasitas, maupun model telah dibuat sedemikian rupa dan telah digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Berikut jenis-jenis disk beserta penjelasan singkatnya:

1. Hard Disk
Hardisk merupakan media penyimpanan yang memiliki kapasitas penyimpanan data yang bervariasi dan relatif besar. Hardisk merupakan media penyimpan yang bersifat non-volatile, yang berarti bisa menyimpan data tanpa adanya arus listrik. Selain itu hardisk juga berfungis sebagai boot device (perangkat boot). HDD (Hardisk Drive) merupakan tipe hardisk yang biasa dipasang pada perangkat komputer atau laptop. Adapun juga jenis hardisk SSD (Solid State Drive), tipe hardisk ini merupakan teknologi baru dalam media penyimpanan data. Dimana jenis SSD terhitung 9 kali lebih cepat dalam proses booting dibandingkan dengan hardisk HDD. Karena HDD dan SSD memiliki perbedaan dalam komponen hardisk tersebut. Dimana kompenen yang ada pada Hardisk HDD berupa piringan metal dan berputar ketika proses penyimpanan data. Sedangkan SSD, tidak memiliki komponen berupa piringan tetapi dalam bentuk slot chip dan tipe SSD ini lebih tahan benturan dibanding HDD. Meskipun demikian harga hardisk tipe SSD ini jauh lebih mahal dibanding dengan hardisk HDD. Hardisk juga memiliki jenis ketika telah terpasang dalam sebuah perangkat komputer, yaitu dynamic dan basic disk. Perbedaan dari dynamic dan basi disk tersebut adalah pengaturan dalam partisi. Partisi adalah sebuah pembagian jumlah kapasitas disk dan diberi label. Partisi dalam dynamic disk menyatu sehingga tertulis total dari kapasitas hardisk. Sedangkan basic disk, membaca sebuah kapasitas hardisk berdasarkan setiap partisinya (local disk).

2. Floppy Disk
Floppy disk atau biasa disebut disket merupakan jenis disk yang sudah jarang digunakan oleh orang-orang. Karena jenis disk ini, dulunya dipergunakan pada komputer yang memiliki slot floppy disk. Bentuk fisik dari floppy disk ini kotak, dan memiliki priringan untuk proses penyimpanan dan pembacaan data pada komputer.

3. USB Flash Disk
Salah satu jenis disk ini, sangat populer di kalangan masyarakat. Karena memiliki ciri-ciri fisik yang mungil dan mudah dibawa sehingga tak sedikit orang yang memiliki salah satu media penyimpanan ini. Meskipun flash disk merupakan tipe media penyimpanan eksternal yang artinya, tidak dapat di pasang ke dalam komponen komputer/laptop. Perlu anda ketahui bahwa selain sebagai media penyimpanan flash disk juga bisa dijadikan sebagai virtual memory untuk membantu kinerja perangkat PC.

4. Optical Disk
Optical disk merupakan jenis penyimpanan dalam bentuk piringan. Dimana dalam piringan tersebut terdapat optic yang hanya bisa dibaca dengan menggunakan laser yang ada di pembaca drive. Optical disk bermacam-macam, mulai dari yang terkenal seperti CD, DVD, Bluray Disk, dll. Kelebihan dari optical disk ini adalah mudah dibawa. Akan tetapi yang menjadi keterbatasannya adalah penggunaannya yang terbatas sehingga ketika akan membaca isi dari optical disk baik CD maupun DVD, perlu adanya CD drive sebagai alat pembaca isi dari optical drive.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis disk yang pernah digunakan oleh orang-orang. Tetapi dari ke-4 jenis disk yang di atas merupakan media penyimpanan yang sering digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Sekian dari artikel ini, bila ada kekeliruan salurkan komentar anda di kolom komentar di bawah ini. 

Artikel Terkait

Rangkuman Jenis-Jenis Disk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email