Tuesday, May 7

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)

Halo apakabar, kali ini admin akan membahas tentang Instalasi Pengolahan Air Limbah.
Pengertian IPAL
IPAL adalah suatu perangkat peralatan teknik beserta perlengkapannya yang memproses / mengolah air sisa proses produksi pabrik, rumah tangga, dll.

Manfaat IPAL
IPAL itu sangat bermanfaat bagi manusia serta makhluk hidup lainnya, natara lain:
a. Mengolah Air Limbah domestik atau industri, agar air tersebut dapat di gunakan kembali sesuai kebutuhan masing-masing
b. Membuat air limbah yang akan di alirkan ke sungai tidak tercemar
c.Menjaga kehidupan biota-biota sungai.

Tujuan IPAL
Adapun tujuan IPAL yaitu untuk menyaring dan membersihkan air yang sudah tercemar dari baik domestik maupun bahan kimia industri.

Proses IPAL
Setelah kita mengetahui pengertian, manfaat, dan tujuan IPAL. Sekarang bagian ini akan membahas proses singkat cara kerja Instalasi Pengolahan Air Limbah. Ada lima tahapan yang perlu dilalui oleh air limbah demi mendapatkan hasil saringan yang bisa digunakan lagi. Untuk penjelasan lebih lanjutnya bisa dilihat di bawah ini: 

- Tahap pertama yang dilakukan adalah air limbah tersebut dialirkan ke tempat instilasi. Karena alat yang disedikan sebuah ruang pengaliran agar air limbah masuk kedalam tempat penyaringan dengan lancar.

- Tahap kedua, air limbah akan melalui proses pertama yaitu suatu wadah yang berisi air yang bercampur dengan pasir. Tujuannya untuk melakukan pengendapan partikel-partikel kotor yang ada di air limbah itu. Yang akan mengendapkan partikel tersebut butiran-butiran kecil karbon yang terselip di pasir tersebut yang akan mengikat partikel kotor yang ada di air limbah tersebut.

-Tahap ketiga, air limbah yang telah di saring melalui wadah penampungan pasir akan diteruskan ke wadah yang berisi batu kerikil. Fungsinya hampir sama pada wadah sebelumnya dimana partikel-parttikel yang tidak berhasil diendapkan oleh pasir akan diproses wadah berisi kerikil.

- Tahap keempat, adalah air limbah akan menuju ke wadah berisi tanaman eceng gondok, ukuran wadah ini lebih besar di banding dua wadah sebelumnya. Karena dalam proses ini memerlukan banyak tanaman eceng gondok untuk menetralisasi air limbah.  Tanaman eceng gondok yang sering kita lihat di beberapa sungai atau danau memiliki fungsi untuk menyaring dan membersihkan partikel air yang kotor. Karena tanaman ini memiliki zat kimia bersifat penyerap seperti amonia dan fosfat.

 - Setelah melewati keempat tahap di atas maka pada tahap yang terakhir ini adalah fase uji coba, dalam wadah penampung ini berisi air yang terdapat beberapa ekor ikan. Karena ikan biasanya digunakan sebagai sampel dalam uji coba penyaringan air salah satunya IPAL ini. Ikan dalam penampungan ini berguna sebagai indikator, untuk mengetahui seberapa bersihnya air limbah tersebut disaring. Dalam proses kita hanya memili dua opsi sebagai kesimpulan yaitu jika ikan dalam penampungan tersebut hidup saat beberapa jam proses penyaringan, maka air tersebut bisa dikatakan bersih dan begitupun sebaliknya.

Jika penjelasan di atas belum jelas, pada gambar 1 di bawah ini merupakan sebuah rancangan dasar dari proses IPAL tersebut sebagai berikut:

gambar 1: IPAL step by step
Sekian dari pembahasan dari artikel ini semoga bermanfaat untuk semua, jangan lupa like and share. Jika ada kekurangan silahkan anda menyalurkan aspirasi anda di dalam kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini.

Artikel Terkait

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 komentar

22 May 2016 at 16:24 delete

berapa enceng gondok yang diperlukan untuk setiap kubikasi dan BOD limbah ?

Reply
avatar
4 October 2016 at 21:17 delete

artikelnya bagus, sangat membantu dalam pencarian informasi mengenai ipal kebutulan saya juga menyediakan jasa konsultasi mengenai ipal silah kan chek website kami http://banyubiruberkahsejati.co.id/

Reply
avatar